Kenali dan Atasi Laptop Mati Mendadak

Tuesday, December 23rd 2014. | Blog, Komputer, Multimedia
Sponsored Links

Pernahkah anda merasakan laptop yang anda gunakan untuk bekerja itu mati mendadak? Pastinya akan sangat menyebalkan bukan saat anda sudah senang dan sik mengerjakan tugas tiba-tiba laptop anda mai mendadak tanpa kita shut down terlebih dahulu, saya pun merasa demikian, jengkel rasanya ketika saya sudah susah payah membuat artikel yang sudah banyak jumah katanya tiba-tiba mendadak mati ditengah jalan, yang saya rasakan hanya jengkel, bingung, sedih karena artikel belum tersimpan, dan hanya bisa menarik nafas panjang-panjang karena menahan kekesalan hati.

Akan tetapi hal demikian tidak akan pernah hiang apabila kita tidak emncari tahu penyebab laptop yang sedang bekerja akan mati secara mendadak tanpa intruksi dari pengguna. Kebingunan akan hal laptop yang tanpa pemberitahuan tersebut mati dan kekesalan karena pekerjaan yang dibuat itu hangus dengan mudahnya, saya pun akhirnya mencari tahu akan penyebab hal demikian tersebut dapat terjadi pada laptop, padahal saya sudah mengurangi bobotan file pada laptop agar tidak loading dan menambah overheat.

Oleh karena itulah perhatikan dengan sungguh penyebab mengapa laptop sering mati mendadak.

1. Suhu menaik overheat

Hal ini seringkali terjadi apabila laptop yang dioperasikan diatas alas yang membuat ventilasi udara menjadi berkurang semisal meletakan diatas bantal, perilaku tersebut memang terkadang membuat nyaman bagi pengguna untuk bersantai diatas kasur yg empuk akan tetapi cobalah gunakan alas yang datar dan dapat memberi ruang udara pada laptop sehingga dapat memberi ventilasi untuk keluarnya panas, karena kelebihan panas juga dapat membuat laptop dapat mati sendiri.

Penyebab Laptop Mati Mendadak

Penyebab Laptop Mati Mendadak

2. RAM yang kotor

Terkadang yang membuat laptop sering mati adalah keadaan RAM yang berdebu sehingga debunya mengakibatkan kinerja RAM menjadi terhambat, solusi yang tepat adalah ambil RAM yang tersimpan dalam laptop dan bersihkan debu yang menempel padanya dengan cara menggunakan penghapus karet, bersihkan tembaga kuning yang berada dibawah kaki memory RAM, dan upayakan untuk menggosok secara perlahan.

3. Pasta thermal prosesor kering

Akibat yang ditimbulkan karena laptop yang sudah lama termasuk thermal yang digunakan untuk mendinginkan prosesor laptop itu akan berdampak pasta sudah mengering, dan akibat thermal yang sudah mengering akan mengurangi proses keluarnya panas, dan akhirnya hal demikianlah yang menyebabkan laptop cepat mati dan mendadak. Solusi untuk itu adalah hilangkan pasta yang mengering tersebut dan gantilah dengan pasta yang baru.

Akibat Thermal paste pada prosesor mengering

Akibat Thermal paste pada prosesor mengering

4. Laptop bagian dalam terdapat debu.

Debu yang masuk kedalam laptop sudah menjadi hal yang biasa, akan tetapi masalah tersebut jangan diremehkan begitu saja, upayakan debu yang masuk dan menempel pada laptop supaya dibersihkan dalamnya agar sistem operasi laptop pun dapat berjalan lancar dan tidak mengalami masalah termasuk laptop suka mat mendadak.

Upaya-upaya yang dilakukan untuk Kenali dan Atasi Laptop Mati Mendadak merupakan usaha untuk menjaga laptop dan merawatnya karena termasuk hal yang penting dan supaya dilakukan rutin, karena jika laptop dapat dirawat dengan baik, maka keawetannya pun dapat terjamin karena setiap masalah yang timbul, user dapat mengantisipasinya.

tags: , , , ,

Related For Kenali dan Atasi Laptop Mati Mendadak