Kenapa Kita Harus Lakukan Shutdown

Saturday, June 18th 2016. | Blog
Sponsored Links

Pada saat kita mengoperasikan komputer atau perangkat yang lain, kita harus melakukan shutdown setelah selesai memakainya. Tetapi, biasanya para pengguna (user) kadang-kadang atau bahkan sering males akan menunggu proses shutdown yang agak lama, jadi para pengguna langsung mematikan komputer dari tombol power ataupun sekaligus dari stop kontak komputer.

shut

Untuk itu para pengguna komputer yang sering melakukan hal tersebut disarankan supaya membaca artikel dibawah. Apabila user selalu sering mematikan komputer dengan cara mematikan hubungan lestrik ke komputer tanpa dengan shutdown, akan ada berbagai masalah terjadi :

  • Di dalam kita melakukan proses shutdown pada komputer akan meregristasi ulang komponen-komponen yang setelah dipakai (dioperasikan) serta data atau file yang di delete atau yang dipakai.Apabila kita mematikan komputer dengan secara langsung (tidak dengan shutdown), maka komponen atau software dan data yang digunakan dapat disimpan kedalam registri, jadi apabila terjadi maslah maka komputer tidak dapat mengoperasikan system recovery berdasarkan tanggal atau waktu yang sudah ditentukan.
  • Di saat melakukan proses shutdown, maka prosessor memberikan suatu printah kepada BIOS untuk menghentikan segala pekerjaan-pekerjaan komponen peralatan, sehingga daya atau arus yang sudah terpakai kemudian diputus secara normal.Namun, jika kita mematikan langsung dari komponen komputer secara mendadak mati tanpa dengan pemutusan arus secara normal jadi lama kelamaan akan menyebabkan kerusakan pada komponen komputer.sh
  • Pada saat proses Shutdown fan komputer akan bekerja dua kali lebih cepat untuk proses pendinginan prosessor, apabila kita ingi mematikan komputer secara langsung, maka pendingin prosessor tidak bekerja secara normal maka karena itu lama kelamaan nanti memori bisa mengalami kerusakan.
  • Berikutnya jika saat Shutdown hard disk bekerja untuk menyimpan semua data atau file yang telah diperintahkan processor serta menyalin dat komponen serta software kedalam regristrasi komputer,lalu hard disk itu akan kembali ke pengatturan awal.

Adapun jika akan mematikan komputer secara langsung, maka selain data komponen dan software tidak tersimpan pada registry, posisi hard disk juga berada di tengah-tengah silinder hard disk, sehingga pada saat kita menghidupkan kembali komputer itu dapat merusak silinder hard disk sehinga terjadi Bad sector hadr disk, maka nantinya lama kelamaan hard disk akan menyebabkab kerusakan.

Semua itu sebabnya mengapa pada proses Shutdown komputer lama jika dimatikan. Maka hendaknya apabila ingin mematikan komputer, lakukanlah shut down terlebih dahulu. Jika tidak maka komputer anda akan mengalami kerusakan pada Hardware maupun Software nya.

 

 

tags: , ,

Related For Kenapa Kita Harus Lakukan Shutdown