Keyboard Yang Berjenis QWERTY

Saturday, November 29th 2014. | Hardware, Komputer
Sponsored Links

Kali ini saya akan membahas jenis-jenis keyboard. Kalau kalian tau, keyboard tuh banyak sekali jenisnya, dan salah satu nya adalah Keyboard Yang Berjenis QWERTY, kalian tau apakah jenis keyboard qwerty ini sendiri? Sebelum kalian tau apa pengertian keyboard qwerty ini, kalian harus tau dulu arti dari Qwerty itu sendiri apa !

Yupss saya jelasin yah, Qwerty itu adalah susunan tata letak tombol-tombol angka, huruf dan symbol- symbol yang ada pada hp qwerty, keyboard laptop dan keyboard computer. Dan keyboard sendiri adalah perangkat input yang fungsinya atau gunanya untuk mengetik kalimat menjadi sebuah informasi dan juga sebagai intruksi- intruksi yang digunakan untuk menjalankan computer. Jadi keyboard qwerty itu jika disatukan maknanya adalah mesin ketik yang memiliki tata letak tombol-tombol yang digunakan untuk mengetik pada computer, sehingga terbentuk menjadi sebuah informasi.

Keyboard QWERTY

Keyboard QWERTY

Keyboard Yang Berjenis QWERTY ini meskipun memiliki tata letak tombol yang sangat luas, tapi pastilah ada kelemahan yang dimilikinya, yaitu ketika kita mengetikkan kalimat, 48% nya gerakan mengetik huruf yang berurutan harus dilakukan dengan menggunakan tangan, Cuma 32% saja gerakan yang dilakukan pada home row yaitu baris awal yang dilakukan oleh posisi jari pada keyboard. Disini ada contoh yang paling mudah diambil yaitu ketika pengetikan huruf “a” , pengetikan huruf ini paling sering digunakan padahal harusnya dilakukan oleh jari kelingking yang fungsinya dalam organ itu lemah.

Sejarah dari adanya nama QWERTY yaitu diciptakan oleh seorang penemu papan tombola tau papan ketik qwerty yang bernama Christopher Latham Sholes yang lahir pada tanggal 14 februari tahun 1819 sampai dengan wafatnya pada tanggal 17 februari 1890 dan beliau lahir di Mooresburg, pennsyvania- Amerika Serikat.

Beliau menciptakan Keyboard Yang Berjenis QWERTY atau mesin ketik untuk pertama kalinya dengan huruf latin yang mana bertujuan untuk mempercepat pengetikan. Akan tetapi pada zaman itu, para ahli atau juru ketik mengalami problem disaat mereka sudah terbiasa mengetik dengan cepat. Papan ketik pada zaman dahulu bukanlah keyboard melainkan mesin ketik manual, sehingga pada zaman tersebut permasalahan yang dialami oleh para juru ketik yaitu pada batang- batang huruf yang menghentak pada pita mengalami kegagalan sehingga menyebabkan batang-batang huruf itu mengait satu sama lain dalam arti lain yaitu Jamming atau kemacetan dalam beroperasi.

Sehingga pada tahun 1873 problem ini diperbaiki lagi oleh Sholes dengan cara menyusun kembali tata letak pada tombol-tombol keyboard mesin ketik manual ini, dan penataan kembali pada tombol-tombol inilah yang kemudian diberi nama “Qwerty”. Tujuan dari penataan ulang tata letak tombol itu sendiri untuk meminimalisirkan kesalahan dalam pengetikan. Sampai pada tahun 1877 keyboard qwerty ini meluas dengan dipasarkan oleh perusahaan Remington.

Keyboard Yang Berjenis QWERTY ini memanglah sudah banyak sekali, bahkan hampir semua mesin ketik menggunakan jenis qwerty, seperti halnya Hape, Laptop, Komputer, dan lain – lain. Tidak terhindarkan teknologi sekarang pun semakin pesat, yang awalnya hanya sekedar mesin ketik manual, sekarang menjadi mesin ketik yang berbagai jenis bentuknya, termasuk Keyboard Yang Berjenis QWERTY ini.

Incoming search terms:

  • gambar keyboard qwerty
  • macam macam Qwerty dengan tujuanya
tags: , , ,

Related For Keyboard Yang Berjenis QWERTY