Kompilasi Perintah Command Prompt yang Perlu Kamu Ketahui

Monday, September 12th 2016. | Blog, Komputer
Sponsored Links

Beberapa bulan yang lalu saya sudah menuliskan konten lengkap mengenai perintah – perintah yang bisa digunakan pada command prompt mulai dari urutan perintah dari huruf A hingga huruf Z. fungsi dari tiap – tiap perintah tersebut juga sudah dijelaskan secara singkat beserta dengan penggunaanya.

Command prompt merupakan tool bawaan dari windows yang bisa digunakan untuk menjelajah windows. Dengan command prompt ini asal kamu tahu perintahnya, kamu bisa mengetahui seluk beluk windows bahkan ketika windowsmu terinfeksi virus sekaligus.

Dari sekian banyak command prompt yang pernah saya bahas, berikut saya sajikan kompilasi perintah command prompt yang perlu kamu ketahui :

  1. PING

Ping merupakan salah satu command prompt yang perlu kamu ketahui. Sejatinya perintah command prompt ini digunakan untuk memeriksa situs atau web apakah situs atau web tersebut mengalami masalah atau tidak. Cara kerja dari ping yang sering kali digunakan untuk koneksi internet agar lancar. Jadi perlu diingat ping hanya digunakan untuk memancing agar koneksi internet berjalan terus bukan berarti ping dapat mempercepat koneksi. Pendapat banyak orang yang menganggap ping dapat mempercepat koneksi adalah kurang tepat.

ping google.com

ping google.com

Cara menggunakan ping dalam perintah command prompt harus diikuti dengan situs atau IP Address. Misal perintah ping terhadap google.com maka anda dapat mengetikan perintah pada command prompt sebagai berikut

PING www.google.com

Dan jika ingin agar komputer terus melakukan ping tanpa henti maka bisa menambahkan karakter sebagai berikut

PING www.google.com –t

  1. Tracert

Perintah command prompt tracert memiliki fungsi yang sama dengan ping. Cara memasukan perintahnya juga sama ketik tracert kemudian diikuti situs yang ingin diperiksa contoh:

Tracert www.google.com

tracert google.com

tracert google.com

  1. Ipconfig

Perintah command prompt ipconfig ini digunakan untuk melihat jaringa yang sedang digunakan secara detail.

ipconfig

ipconfig

  1. Ipconfig/flushdns

Perintah command prompt yang satu ini digunakan untuk membersihkan cache DNS. Secara default windows sebenarnya melakukan cache DNS sehingga akan membantu mempercepat menuju DNS yang dituju. Namun ketika mengganti DNS, cache ini bisa menjadi masalah bagi DNS yang baru oleh karena itu cache DNS ini perlu dibersihkan. Caranya dengan menggunakan perintah ipconfig/flushdns.

ipconfig/flushdns

ipconfig/flushdns

  1. Sfc/scannow

Perintah sfc/scannow pada command prompt ini berguna untuk memeriksa system windows dan bisa memperbaiki jika ada file di system yang hilang atau corrupt.sfc

Demikan beberapa kompilasi perintah command prompt yang perlu kamu ketahui. Sebenarnya masih terdapat banyak perintah command prompt yang lain yang perlu kamu ketahui yang belum dibahas pada konten ini.

tags: , , ,

Related For Kompilasi Perintah Command Prompt yang Perlu Kamu Ketahui