Komponen CPU (Central Processing Unit)

Friday, July 1st 2016. | Komputer
Sponsored Links

komponen cpu

Kata – kata CPU sudah tidak asing lagi bagi kita saat ini, artikel ini hanya sebagian bahan bacaan ringan penambah wawasan tentang komponen – komponen CPU.

Central Processing Unit (CPU) merupakan komponen terpenting dari system komputer, komponen pengolah data berdasarkan intruksi yang diberikan kepadanya. Dalam mewujudkan fungsi dan tugasnya CPU tersusun atas beberapa komponen.

Beberapa fungis CPU seperti yang ada di atas dijalankan oleh bagian – bagian atau Komponen CPU yang berbeda. Dalam hal ini, bagian – bagian processor atau CPU komputer adalah :

  • ALU (Arithmetic Lagic Unit), yaitu bagian CPU yang dapat melakukan perhitungan terhadap data-data dalam bentuk bilangan dan membuat keputusan logis berdasarkan perhitungan tersebut.
  • Register, yaitu tempat atau lokasi memory khusus untuk menyimpan informasi sementara waktu.
  • Unit Pengatur Program, yaitu bagian yang dapat melakukan pengaturan terhadap program – program komputer.
  • Bus, yaitu bagian yang berfungsi untuk membawa informasi – informasi digital.
  • Memory Lokal, yaitu bagian penyimpanan pada CPU.

 

Sementara itu, untuk CPU atau processor yang lebih rumit dan canggih terdapat bagian yang yang disebut Cache Memory, yaitu bagian CPU yang dirancang untuk mempercepat akses data dari dan ke peralatan penyimpanan data luar ( external data-storage device ).

 

Pada dasarnya, fungsi dari masing – masing bagian Komponen CPU tersebut didukung dan diatur oleh sejumlah perintah software yang masuk ke dalam memory komputer ( RAM ). Secara sederhana, alur kerja komputer yang melibatkan fungsi CPU dapat dijelaskan sebagai berikut :

 

  • Data masuk ke dalam komputer melalui perangkat masukan, seperti keyboard, mouse, dam lain sebagainya.
  • Data mengalir menuju ke memory komputer melalui CPU melalui kabel antar muka (interface) dan kembali ke CPU.

Data yang kembali ke CPU dari RAM diterjemahkan oleh unit pengolahan yang disebut dekoder perintah yang kemudian diteruskan pada bagian ALU untuk mengalami proses selanjutnya dan disimpan dalam register.

  • Data yang telah diolah dalam ALU dapat dikirim kembali ke memory atau disimpan pada register yang lain untuk penggunaan tertentu, misalnya diakses melalui perangkat keluaran.

 

CPU merupakan hal terpenting dalam komputer itu sendiri, sebenarnya komputer itu sendiri identik dihubungkan dengan CPU itu tersendiri, dan di dalam CPU itu sendiri terdapat bagian / komponen lainnya sebagai berikut :

  • Motherboardmotherboard

Motherboard berbentuk suatu papan yang terdiri dari beberapa komponen elektronik yang memiliki fungsi mereka tersendiri. Semua perangkat komputer sebagian besar diletakan disini, seperti Processor, RAM, VGA Card, LAN Card, dan sebagainya.

Jika ingin melihat motherboard ini secara langsung dapat dilihat apabila kita sudah membuka chassing / penutup dari komputer kita.

 

  • Processorprocessor

 

Procesor atau yang biasa disebut sebagai otak komputer merupakan bagian yang paling terpenting dari sebuah komputer, bentuknya memang cukup kecil tetapi bisa melakukan banyak proses secara bersamaan ( multitasking ).

 

  • RAM ( Random Acess Memory )RAM

 

RAM adalah perangkat yang berfungsi untuk menampung / menyimpan data atau intruksi yang akan diprosess oleh processor. Semakin besar memory yang disediakan, semakin banyak data maupun intruksi yang dapat diolah oleh processor. Penyimpanan data pada RAM bersifat sementara atau data yang tersimpan akan hilang apabila sudah tidak dibutuhkan atau komputer dimatikan.

 

  • Hardiskhardisk

 

Hardisk berisikan perangkat elektronik yang berupa piringan logam , dimana mempunyai fungsi untuk menyimpan banyak file pada komputer. Semakin besar hardisk yang kita punya, maka semakin banyak juga file yang dapat kita simpan pada komputer. Kapasitas Hardisk juga bermacam – macam, mulai dari yang hanya berkapasitas dengan satuan MegaByte, GigaByte, dan seterusnya.

 

  • Power Supplypower supply

 

Power Supply merupakan bagian penting juga dari sebuah komputer. Fungsinya adalah untuk memberikan supply listrik ke komponen komputer yang lainnya, sebagai contoh adalah supply listrik untuk mptherboard, hardisk, CD-ROM dan lainnya. Jika tidak memili Power Supply ini maka sebuah komputer tidak dapat beroperasi.

 

  • CD-ROM/DVD-ROM/CD-RW/DVD-RWcd rom

 

CD ROM mempunyai fungsi untuk menyimpan / membaca file yang sudah ada pada CD. Ini merupakan pilihan tersendiri untuk user jika ingin memakai CD-ROM di dalam komputernya. CD ROM hanya untuk dapat membaca CD, sedangkan kalau ingin burning
(copy file ke CD), kita harus memiliki CD-RW (Read/Write).

 

  • Kabel Datakabel data

 

Kabel data mempunyai fungsi penting juga yakni untuk menghubungkan 1 komponen komputer dengan komponen lainnya, sebagai contoh kabel data ini dapat menghubungkan antara motherboard dan hardisk, kabel tersebut berupa kabel data ATA atau SATA.

 

  • VGA Cardvga card

 

VGA Card sangat penting untuk memberikan grafis pada komputer kita, sebagai contoh adalah monitor kita, kualitas gambar yang ditampilkan di monitor sangat berpengaruh pada VGA Card kita, semakin bagus gambar yang ditampilkan di komputer.

 

  • LAN Card (Local Area Network)LAN Card

 

LAN Card mempunyai fungsi sebagai penghubung antara komputer satu dengan lainnya, selama kita mempunyai LAN Card ini sangat memungkinkan kita dapat terhubung dengan internet (tentunya jika kita mempunyai jaringan ADSL) ataupun bisa terkoneksi dengan komputer yang lainnya (jika terhubung ke dalam HUB/Switch)

 

  • Sound Cardsound card

 

Sound Card atau kartu suara sesuai namanya yaitu berfungsi untuk mengeluarkan suara jika memutar musik Mp3, Video dan lain-lain yang sudah terhubung ke speaker.

Demikianlah KOMPONEN CPU secara garis besarnya, mungkin artikel ini masih belum mengupas tuntas hal tentang Komponen CPU ( Central Processing Unit ). Dengan semua ulasan semua yang ada diatas ini, mudah-mudahan bisa memberikan kemanfaatan bagi semua pengguna komputer…SEKIAN…Wassalammualaikum…

 

 

 

 

 

 

Incoming search terms:

  • komponen cpu
tags: , ,

Related For Komponen CPU (Central Processing Unit)