Komponen Data Komunikasi dan Protokol

Saturday, June 25th 2016. | Blog, Jaringan
Sponsored Links

Komponen Data Komunikasi dan Protokol– Hallo teman-temanku semua, bagaimana kabar anda hari ini? Baik-baik saja pastinya. Okeh, dipertemuan kita hari ini saya akan membahas tantang “Komponen Data Komunikasi dan Protokol” untu anda. Iya bagi anda yang mungkin belum mengetahuinya disini saya akn membagi ilmu saya kepada anda. Baik tidak usah banyak bicara lagi saya akan membahasnya langsung khususnya untuk anda sebagai berikut.

4

1

Data Komunikasi

2

Apa sih data komunikasi itu ? Data komunikasi adalah bagian dari telekomunikasi yang secara khusus berkenaan dengan transmisi atau pemindahan data dan informasi diantara komputer dan piranti yang laindalam bentuk digital yang dikirimkan melalui media komunikasi data. Informasi yang disajikan oleh isyarat digital itu berarti data.

Berikut ini adalah Komponen Data komunikasi, yaitu antara lain :

  1. Media pengiriman, yaitu media /saluran yang digunakan untuk mengirimkan data.
  2. Pengantar/pengirim, yaitu piranti yang mengirimkan data.
  3. Penerima, yaitu piranti yang menerima data.
  4. Data, yaitu informasi yang akn dipindahkan.
  5. Protokol, yaitu aturan aturan yang berfungsi untuk menyelaraskan hubungan.

Protokol

3

Dalam sebuah jaringan komputer misalnya pengirim pesan , data, dan informasi lain yang harus dipenuhi oleh sisi pengirim dan sisi penerima agar komunikasi dapat berlangsung dengan benar. Protokol adalah sebuah aturan yang mendefinisikan beberapa fungsi yang ada.

Protokol terdiri atas 7 layer yang mendefinisikan fungsi. Untuk tip layer dapat terdiri atas sejumlah protocol yang berbeda, masing masing menyediakan pelayanan sesuai dengan fungsi layernya tersebut.

Berikut ini adalah pelayanan yang yang sesuai dengan fungsi layer, yaitu antara lain:

  1. Applicatian Layer.
  2. Presentation Layer.
  3. Session Layer.
  4. Transport Layer.
  5. Network Layer.
  6. Data link Layer.
  7. Physical Layer.

Protokol standar yang dikenal yaitu Open System Interconnecting (OSI) yang ditentukan oleh Internatianal Standart Organization (ISO). Fungsi dari protocol adalah untuk menghubungkan sisi pengirim dan sisi penerima dalam berkomunikasi serta dalam bertukar informasi agar dapat berjalan dengan baik dan benar.


 

Nah itu tadi pembahasan saya tentang “Komponen Data Komunikasi dan Protokol” yang telah saya rangkum khususnya untuk anda. Semoga dengan artikel yang saya buat ini bisa bermanfaat dan berguna untuk anda. Dan apabila ada kesalahan kalimat ataupun kekurangan kata kami dari Blog Lamongan Komputer mohon maaf yang sebesar-besarnya.

^_^TERIMAKASIH^_^

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

tags: , ,

Related For Komponen Data Komunikasi dan Protokol