Komputer Bagi Anak Usia Dini Serta Ketahui Dampak yang Ditimbulkannya.

Friday, June 16th 2017. | Blog, Komputer
Sponsored Links

Kenalkan anak pada usia dini juga sangat penting bagi mereka, tujuannya apa ? agar pada usia dini dapat mengenal computer lebih awal dan mengantisipasi adanya anak tidak gaptek. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat dengan kecanggihan para pesaing ini menyebabkan orang tua pun ikut andil dalam membina dan mengenalkan anak terhadap computer, memang seringkali terbesit fikiran orangtua akan dampak buruk bila mengenalkan computer terhadap anak akan tetapi hal tersebut tidak dapat di elak lagi oleh orang tua karena anak juga perlu nantinya terhadap kebutuhan- kebutuhan yang semakin canggih ini dan semakin tidak dapat dipungkiri untuk masa yang akan datang mungkin akan datang zaman yang lebih canggih dari sekarang ini, dan bisa dimungkinkan bahwa nantinya dimasa yang akan datang proses belajar mengajarpun akan menggunakan komunikasi lewat computer, bahkan setiap tugas yang diberikan guru pun tidak sedikit juga sekolah yang menggunakan metode belajar lewat pengiriman email dan pencarian tugas pada internet. Bahkan sekarang pun anak dengan sekolahnya diberi tugas untuk membuat sesuatu yang berhubungan harus mencari tugas tersebut di internet.

Komputer untuk anak

Komputer untuk anak

Komputer bagi anak usia dini serta mengetahui dampak yang ditimbulkann adalah bagian yang memang penting dalam sisi tujuannya, karena apa? Karena perkembangan kecanggihan teknologi yang semakin pesat dan maju, sebagai anak juga jangan sampai ketinggalan zaman, maksudnya ketinggalan aman bukan berarti harus seperti mereka orang dewasa kerjakan, tetapi mengajarkan anak agar tidak takut aka teknologi sekarang ini yang kian berganti dan canggih. Bahkan computer jika dilihat sisi postifnya memiliki peran yang sangat penting bagi anak dalam system pembelajarannya, mungkin bisa diambil contohnya yaitu orangtua dapat mengenalkan system belajar seperti program untuk pembelajaran anak usia dini mungkin dengan mengenalkan gambar berbentuk disertai dengan nama dan suara, bukankan anak akan lebih tertarik seperti itu, bisa juga untuk memancing semangat belajar bagi anak. Nah, kecanggihan inilah yang digunakan oleh para orangtua untuk mengenalkan anak kepada computer, banyak sekali program software yang membantu memudahkan system belajar anak yang dirancang sedemikian rupa sehingga dapat membuat anak dapat tertarik dan semangat dalam belajarnya dan yang terpenting anak tidak bosan terus belajar karena buku yang diberi hanya seperti itu-itu saja tanpa ada ketertarikan tersendiri.

Orangtua juga dapat mengenalkan anak lewat program-program software yang mendukung pembelajaran anak, seperti pengenalan gambar bergerak, tulisan berwarna, huruf abjad yang menarik serta berwarna, dan bisa juga diambil dari sisi pendidikan agamanya seperti dapat belajar huruf hijaiyah ataupun cara – cara sholat dan wudhu, semua lengkap berada pada computer.

Orang tua juga memiliki peran yang sangat penting untuk membimbing anak usia dini agar dapat menggunakan computer dengan baik dan bermanfaat, dan seringkali sebaiknya orang tua ikut andil dalam membina dalam pendidikna anak, agar anak juga tidak ketergantungan pada computer, sebuah komunikasi juga jangan sampai hilang antara anak dan orangtua. Dan saran untuk orangtua juga supaya dapat mengimbangi antara mengenalkan computer terhadap anak dan komunikasi terhadap sekitarnya.

Nah, inilah sedikit penjelasan yang saya berikan tentang komputer bagi anak usia dini serta ketahui dampak yang ditimbulkannya. Semua dampak positif dan negative computer itu tergantung orang tua yang membimbingnya, jangan sampai computer sebagai pengganti orangtua untuk menemani semua aktifitas yang dilakukan anak. Bimbingan memnag perlu akan tetapi pengawasan terhadap anak adalah yang paling penting.

Incoming search terms:

  • dampak negatif pendidikan komputer bagi anak usia dini
  • dampak positif dan negatif komputer pada usia dini dan contohnya
tags: , ,

Related For Komputer Bagi Anak Usia Dini Serta Ketahui Dampak yang Ditimbulkannya.