Komputer Berguna Sekaligus Ancaman yang Membuntuti Bagian 1

Tuesday, April 4th 2017. | Blog
Sponsored Links

Dampak berlama-lama di depan komputer pada kesehatan

Komputer selayaknya sudah menjadi barang yang sangat dibutuhkan oleh manusia saat ini. Segala macam aktivitasnya mulai dikomputerisasi. Baik untuk bidang pekerjaan, kesehatan, pendidikan maupun untuk kebutuhan lainya. Dalam bidang pekerjaan, komputer bermanfaat sekali untuk membantu membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat diselesaikan. Selain itu komputer juga bisa bekerja lebih akurat dengan hitungan matematis yang tepat. Misal untuk membantu pekerjaan dalam membuat design bangunan, jika menggunakan komputer design yang dihasilkan lebih bagus dan memiliki ukuran yang lebih akurat dan apabila terjadi kesalahan gambar atau perhitungan bisa langsung di delete tanpa meninggalkan bekas coretan di kanvas atau bahka tidak perlu menggambar ulang lagi. Lain halnya jika pekerjaan tersebut masih menggunakan media tradisional yakni dengan kertas. Selain membutuhkan penggaris yang bagus juga dibutuhkan keakuratan dan keahlian khusus bagi designer untuk memulai dengan designya. Yang lebih parah lagi jika designer tersebut membuat kesalahan perhitungan ukuran atau semili saja membuat ukuran antar gambar bergeser maka untuk memeriksa kesalahanya akan lebih susah. Bisa jadi pilihan yang paling ekstrim adalah harus menggambar ulang lagi gambar desingnya.

peran komputer di bidang kesehatan

peran komputer di bidang kesehatan

Dalam bidang kesehatan komputer juga sangat penting perananya. Banyak alat-alat kesehatan canggih saat ini berbasis komputer. misalkan alat untuk mengecek kandungan, usg, alat untuk memeriksa denyut jantung dan lain sebagainya semuanya lebih mudah jika menggunakan komputer. keakuratan data yang didapat dari komputer lebih dapat dipercaya dari pada prediksi yang dilakukan oleh pemeriksa semata. Komputer juga digunakan sebagai alat untuk memonitoring kesehatan pasienya. Seperti halnya yang digunakan untuk memantau kesehatan pasies suspek firus atau bakteri yang berbahaya. Dengan alat yang dikomputerisasi ini perawat akan lebih mudah memantau tingkatan kesehatan pasienya.

Sama halnya dengan dua bidang di atas, dalam bidang pendidikan komputer juga sangat penting keberadaanya. Pengajar akan lebih mudah menyampaikan materi pelajaran jika materi tersebut disampaikan dengan media komputer. materi yang ditampilkan akan lebih menarik bagi siswanya. Proses belajar mengajar yang biasanya menggunakan media buku bacaan akan cepat membuat siswa menjadi bosan bila berlama-lama duduk dan diam membaca di depan buku. Atau dengan metode ceramah yakni guru yang berbicara sedang murid hanya duduk diam mendengarkan, ini malah akan membuat siswa pasif dan guru juga akan kecapekan karena harus berbicara dengan suara keras dan lantang agar materi yang disampaikan terdengar sampai meja belakang. Namun hal ini akan sangat berbeda jika materi yang disampaikan tersebut menggunakan komputer. dengan bantuan media komputer atau laptop dan lcd monitor yang kemudian dihubungkan dengan pengeras suara hal ini akan membuat siswa lebih menikmati pelajaran. Gambar yang ditampilkan pada slide presentasi dan dibarengi oleh suara yang keluar dari pengeras suara akan membuat kelas menjadi lebih hidup. Apabila siswa mengalami kebosanan pada materi, guru juga bisa memutarkan video atau music yang bisa membuat mood siswa kembali bergairah.

Begitu banyaknya hal positif yang dibawa oleh komputer ternyata dibarengi juga oleh pengaruh negatifnya. Banyak dampak negative yang hampir tidak diketahui oleh pengguna komputer selama ini. Dampak negative dari komputer disini akan dipaparkan sebanyak dua hal. Dampak pertama yaitu pada kesehatan dan yang kedua yaitu pada social.

Dampak negative pertama dari komputer yaitu pada kesehatan. Jika pembaca termasuk salah satu pengguna komputer yang selalu aktif selama berjam-jam di depan komputer maka patut menyimak ini dengan seksama. Dampak pada kesehatan ini tidak bisa diremehkan karena bisa juga ini mengancam kesehatan yang bersifat permanen. Dampak yang ditimbulkan dan yang paling dirasakan adalah pada mata. Mata sebagai bagian dari panca indera yang sangat utama yang perlu dijaga oleh pemiliknya. Dengan mata kita bisa menangkap gambaran yang ada dimuka bumi ini. Semua pencitraan gambar yang ditangkap oleh salah satu alat panca indera ini kemudian disampaikan ke otak sehingga kita bisa mengetahui berbagai macam gambaran dimuka bumi ini.

Bagi anda pengguna komputer aktif yang gemar duduk berjam-jam di depan layar komputer ini harus mulai anda perhatikan ancaman yang mengintai anda. Layar komputer yang masih menggunakan monitor CRT atau monitor yang bentuknya besar seperti TV ini memiliki radiasi yang berbahaya bagi mata. Semakin sering anda menatap layar monitor ini maka kemampuan mata anda dalam menangkap gambar khususnya gambar atau objek dalam jarak jauh akan menurun. Istila kesehatan yang biasa digunakan untuk kasus ini adalah mata minus atau juga istilah lain yaitu mata rabun. Apabila sudah mengalami masalah ini maka sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Biasanya untuk membantu ketajaman penglihatan ini, dokter selalu menyarankan pasienya untuk menggunakan kacamata. Namun untuk anda yang tidak mau ribet dengan kacamata bisa mengguanakan lensa mata namun harganya bisa lebih mahal dari pada kacamata.

Dampak negative lain yang ditimbulkan dari aktivitas berlama-lama di depan komputer adalah perubahan bentuk tulang. Perubahan ini khusunya terjadi pada bentuk tulang belakang. Hal ini disebabkan karena posisi duduk yang salah oleh pengguna komputer ketika sedang beraktivitas didepan komputer. posisi meja dan kursi juga harus disesuaikan dengan proporsi penggunanya. Tidak boleh lebih tinggi atau lebih rendah dari pada postur pengguna komputer ketika duduk

bentuk tulang berubah bengkok ke samping

bentuk tulang berubah bengkok ke samping

Posisi tubuh harus tegak, bahu dan tangan juga harus rileks kemudian posisi titik pandang terhadap layar monitor harus beberapa centi meter dibawah mata. Jika posisinya benar maka ancaman perubahan bentuk tulang punggung ini bisa dihindari namun apabila pengguna sudah terbiasa duduk dengan posisi yang salah tentu hal ini sangat beresiko pada kesehatan. Contoh kelainan tulang yang terjadi adalah skoliosis atau pembengkokan tulang belakang. Pada kasus ini tulang akan mengalami pembengkokan bisa bengkok ke kiri atau ke kanan tergantung dari posisi duduk yang sudah dibiasakan oleh pengguna komputer. bagi pengguna komputer yang masih dalam usia pertumbuhan masalah ini bisa diatasi dengan bantuan alat penyangga tulang. Alat ini harus dipasang setiap hari selama hampir 24 jam. Namun untuk kasus yang lebih parah lagi maka harus dilakukan pembedahan tulang.

Adapun dampak negative dari penggunaan komputer akan dibahas pada tulisan yang berikutnya.

tags: , , , ,

Related For Komputer Berguna Sekaligus Ancaman yang Membuntuti Bagian 1