Komputer Berguna Sekaligus Ancaman yang Membuntuti Part 2

Monday, July 20th 2015. | Blog
Sponsored Links

Komputer sebagai salah satu alat aktif yang selalu digunakan oleh penggunanya sudah seperti kebutuhan utama yang tidak bisa dijauhkan dari setiap aktivitas penggunanya. Berbagai kemudahan yang ditawarkan oleh alat ini membuat peran komputer semakin tak tergantikan untuk membantu mempermudah pekerjaan penggunanya. Pekerjaaan yang sudah dikomputerisasi ini seakan membuat pekerjaan tidak lagi membutuhkan sumber daya manusia yang banyak untuk menyelesaikan pekerjaan yang besar.

Program-program yang sudah terpasang pada komputer akan membuat pekerjaan lebih tepat dan cepat diselesaikan daripada menggunakan tenaga manusia. Rate atau perbaningan kinerja yang dihasilkan jauh berbeda jika dikerjakan oleh tangan manusia dan jika dikerjakan oleh mesin yang sudah terprogram oleh komputer. namun tidak semua dari pekerjaan itu juga bisa diselesaikan oleh mesin, butuh tangan-tangan manusia untuk menyempurnakan setiap produk hasil dari mesin yang dikomputerisasi tersebut.

Semakin canggihnya alat atau mesin yang dikomputerisasi ini seakan membuat para pemilik usaha lebih memilih menggunakan mesin dari pada manusia. Pilihan inilah yang seakan mengurung tangan-tangan terampil untuk bekerja. Pada perusahaan tradisional yang masih menggunakan manusia sebagai pekerjanya, membuat hubungan social yang antara bos dan karyawanya. Interaksi yang baik antara bos dan karyawanya bisa menimbulkan hubungan social yang harmonis sehingga tawa canda dan suasana pekerjaan yang menyenangkan bisa tercipta didalamnya. Nilai-nilai social ini yang bisa membuat pekerjaan di kantor atau tempat usaha lainya menjadi lebih bermakna.

Lain halnya dengan pekerjaan yang hanya bekerja dengan mesin atau komputer. komputer merupakan benda mati yang tidak bisa diajak untuk berinteraksi. Maka dari hal ini hubungan sosialpun tidak akan tercipta diantara bos dan pekerjanya. Semakin jarangnya interaksi dan komunikasi membuat hubungan social dengan masyarakat akan semakin jauh.

dampak negatif jarang bersosialisasi

dampak negatif akibat jarang bersosialisasi dengan masyarakat

Saat ini orang jarang sekali berinteraksi dengan orang lain hanya karena mereka lebih asyik menikmati waktu mereka di depan layar komputer untuk main game atau bermedia social lewat internet. Walaupun itu adalah media social, namun interaksi yang dihasilkan anatara bertemu kemudian bertatap muka langsung dengan lawan bicara itu akan berbeda dengan berkomunikasi lewat media social. Hubungan batin lewat kontak mata itulah yang nihil dari komunikasi lewat media social. Kecenderungan untuk memilih komunikasi lewat media social akan membuat nilai kemanusiaan juga akan hilang antara sesama manusia. Komputer bisa sangat bermanfaat juga bisa menjadi media penghubung namun interaksi dan komunikasi bertemu dan bertatap muka juga harus dilakukan agar nilai kemanusiaan bermasyarakattetap terjalin dengan baik. dampak negatif dari keasyikan di depan layar monitor tanpa pernah atau jarang bersosialisasi dengan masyarakat sekitar adalah akan dikucilkan dari pergaulan, tidak mendapat respek dari tetangga, mendapat cibiran, dan apabila membutuhkan bantuan tidak akan ada yang bersedia menolong.

Incoming search terms:

  • dikucilkan
tags: , ,

Related For Komputer Berguna Sekaligus Ancaman yang Membuntuti Part 2