Komputer Berperan dalam proses Pembelajaran

Thursday, May 19th 2016. | Internet
Sponsored Links

contoh

Dalam pengertiannya komputer adalah salah satu alat elektronik otomatis yang dapat memberikan hasil pengolahan dan dapat menjalankan sistem multimedia (musik, faksimile, televisi, film, dan sebagainya) serta juga dapat menghitung, komputer biasanya terdiri dari unit pengeluaran, unit penyimpanan, unit pemasukan serta unit pengontrolan.

Sedangkan berdasarkan generasi komputer yang terbagi menjadi empat masa, ialah :

  • Komputer Generasi Pertama (1946-1959),
  • Komputer Generasi Kedua (1959-1964),
  • Komputer Generasi Ketiga (1964-1970),
  • Komputer Generasi Keempat (1979-sekarang).

Dalam mewujudkan konsep komputer untuk mengolah data dan bisa menghasilkan suatu informasi, maka diperlukan sistem komputer yang terdiri dari tiga elemen yaitu hardware, software, brainware. Antara tiga elemen itu harus saling berhubungan dan membentuk kesatuan. Software tidak akan pernah berfungsi tanpa adanya Hardware, begitu pula sebaliknya. Serta kedua elem itu tidak akan ada manfaatnya apabila tidak ada Brainware yang tugasnya mengendalikan dan mengoperasikannya.

Peranan komputer dalam pembelajaran

Masukan dari Briggs dan Gagne dalam Rosenberg (2000), PC atau komputer bisa digunakan sebagai media pembelajaran dikarenakan komputer memiliki kelebihan dalam media pembelajaran yang lain serta memiliki fungsi yaitu :

Pengulangan : Para pengguna PC dan terutama mahasiswa atau dosen serta guru bisa mengulangi materi atau bahan ajar yang telah disampaikan dengan beberapa metode yang menarik yang telah disediakan oleh komputer. Contoh : Video, Musik, atau microsoft office.

Feedback and Reward : Komputer membantu guru atau dosen dapat memberi perbaikan ataupun saran dan tentu saja pujian kepada mahasiswa yang bisa menyelesaikan tugasnya dengan baik dan memuaskan. Beberapa pujian dan saran dapat disampaikan dengan secara online dan seketika sehingga mahasiswa yang juga dapat mengetahui saran yang diberikan, pujian dan saran tersebut yang tentunya juga dapat memberi motivasi untuk meningkatkan potensi diri terutama di dalam belajar.

Media ini dapat digunakan dalam pengajaran denga beberapa metode yang berbeda-beda, secara umum peranan komputer adalah :

  1. Program komputer dapat menghitung jawaban yang benar dan salah secara otomatis, sehingga para siswa dapat mengetahui skor/nilai segera setelah soal-soal dikerjakan.
  2. Dengan memotivasi seluruh siswa lewat variasi pelajaran suara serta gambar.
  3. Komputer juga dapat menjadi pengganti dosen dalam belajar.
  4. Dengan komputer para siswa bahasa bisa menentukan sendiri program bahasa yang disukainya dan belajar sesuai dengan kemampuan dan waktu yang dimiliki.
tags: , ,

Related For Komputer Berperan dalam proses Pembelajaran