Komputer dan Generasinya

Monday, January 18th 2016. | Blog
Sponsored Links

v  PENGERTIAN KOMPUTER

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut perintah yang telah dirumuskan.Kat komputer semula dipergunakan untuk untuk menggambarkan orang yang pekerjaanya melakukan perhitungan aritmatika,dengan atau tanpa alat bantu,tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.Asal mulanya,pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika,tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

v  GENERASI KOMPUTER

Dalam sejarah komputer,ada 5 generasi dalam sejarah.

  • Generasi Pertama

Dengan terjadinya Perang Duna Kedua, negara-negara yang terlibat dalam perang tersebut berusaha mengembangkan komputer untuk mengeksploit potensi setrategis yang dimiliki komputer. Hal ini meningkatkan pendanaan pengembangan komputer serta mempercepat kemajuan teknik komputer. Pada tahun 1941, Konrad Zuse, seoarang insinyur Jerman membangun sebuah komputer, Z3, untuk mendesain pesawat terbang dan peluru kendali.

Pihak sekutu juga membuat kemajuan lain dalam pengembangan kekuatan komputer. Tahun 1943, pihak inggris menyelesaikan komputer pemecah kode rahasia yang dinamakan Colossus untuk memecahkan kode rahasia yang digunakan Jerman. Dampak pembuatan Colossus tidak terlalumempengaruhi perkembangan industri komputer dikarenakan dua alasan bukan merupakan komputer serbaguna(general-purpose-computer), ia hanya didesain untuk memecahkan kode rahasia . Kedua, keberadaan mesin ini dijaga kerahasiaannya hingga satu dekade setelah perang berakhir.

Usaha yang dilakukan oleh pihak Amerika pada saat itu menghasilkan suatu kemajuan lain. Howard H.Aiken (1900-1973), seorang insinyur Harvard yang bekerja dengan BM, berhasil memproduksi kalkulator elektronik untuk US Navy. Perkembangan komputer lain pada masa kini adalah Electronic Numerical Intrgator and Computer (ENIAC), yang dibuat oleh kerjasam antara pemerintah Amerika Serikat dan University of Pennsylvania. Terdiri dari 18.000 tabung vakum, 70.000 resistor,dan 5 juta titik solde, komputer tersebut merupakan komputer serbaguna (general purpose computer) yang bekerja 1000 kali lebih cepat dibandingkan Mark 1.

Komputer Generasi Pertama dikarateristik denga faka bahwa instruksi operasi dibuat secara spesifik untuk suatu tugas tertentu. Setiap komputer memiliki program kode biner yang berbeda yang disebut”bahasa mesin”(machine language). Hal ini menyebabkan komputer sulit untuk diprogram dan membatasi kecepatannya. Ciri lain komputer generasi pertama adalah tube vacum (yang membuat komputer pada masa tersebut berukuran sangat besar) dan silinder magnetik untuk penyimpanan data

  • Generasi Kedua

Pada tahun 1948, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer. Transistor menggantikan tube vacum, ditelevisi, radio, dan komputer. Akibatnya, ukuran mesin-mesin elektrik berkurang drastis.

Transistor mulai digunakan di dalam komputer mulai pada tahun 1956. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti-magnetik membantu pengambangan komputer generasi kedua yang lebih kecil,lebih cepat,lebih dapat diandalkan,dan lebih hemat energi dibanding para pendahulunya. Mesin pertama yang memanfaatkan teknologi baru ini adalah superkomputer bernama Stretch,dan Sprery-Rand membuat komputer bernama LARC.Komputer ini dikembangkan untuk laboratorium energi atom, dapat menangani sejumlah besar data, sebuah kemampuan yang sangat dibutuhkan oleh peniliti atom.

Pada tahun 1960-an, mulai bermunculan komputer generasi kedua yang sukses dibidang bisnis,di Universitas, dan di pemerintahan.Komputer generasi kedua ini merupakan komputer yang sepenuhnya menggunakan transistor.Mereka juga memiliki komponen-komponen yang dapat disaosiasikan dengan komputer pada saat ini:printer, penyimpanan dalam disket, memory, sistem operasi, dan program.

  • Generasi Ketiga

Walaupun transistor dalam banyak hal mengungguli tube vacum, namun transistor menghasilkan panas yang cukup besar, yang dapat berpotensi merusak bagian-bagian internal komputer.Para Ilmuan kemudian berhasil memasukkan lebih banyak komponen-komponen ke dalam satu chip tunggal yang disebut semikonduktor. Hasilnya, komputer menjadi semakin kecil karena komponen-komponen dapat dipadatkan dalam chip.Kemajuan komputer generasi ketiga lainnya adalah penggunaan sistem operasi(operating system) yang memungkinkan mesin untuk menjalankan berbagai program utama yang memonitor dan mengkoordinasi memori komputer.

  • Generasi Keempat

Setelah IC, tujuan pengembangan menjadi lebih jelas: mengecilkan ukuran sirkuit dan komponen-komponen elektrik. Large Scale Integration (LSI) dapat memuat ratusan komponen dalam sebuah chip. Pada tahun 1980-an, V ery Large Scale Intregation (VLSI) memuat ribuan komputer komponen dalm sebuah chip tunggal.

Ultra-Large Scale Intregation (ULSI) meningkatkan jumlah tersebut menjadi jutaan. Kemampuan untuk memasang sedemikian banyak komponen dalm suatu keping yang berkurang setengah keping uang logam mendorong turunnya harga dan ukuran komputer. Hal tersebut juga meningkatkan daya kerja, efisien dan keterandalan komputer. Chip intel 4004 yang dibutr pada tahun 1971 membawa kemajuan pada IC dan meletakkan seluruh komponen dari sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali unit/output) dalam sebuah chip yang sangat kecil. Sebelumnya, IC dibuat untuk mengerjakan suatu tugas tertentu yang spesifik.

Sekarang, sebuah mikroprosesor dapat diproduksi dan kemudian diprogarm untuk memenuhi seluruh kebutuhan yang diinginkan. Tidak lama kemudian, setiap piranti rumah tangga seperti microwave, oven, televisi, dan mobil dengan elektronik fuel injection (EFI) dilengakpi dengan mikroprosesor.

Pada jaman sekarang, kita mengenal perjalanan IBM compatible dengan pemakaian CPU: IBM PC/486, Pentium I, Pentium II, Pentim III, Pentium IV (Serial dari CPU buatan intel). Juga kita kenal AMD k6, Athlon, dsb. Ini semua masuk dalam golongan komputer generasi keempat.

 

Incoming search terms:

  • apakah ada aplikasi generasi ketiga dan keempat
  • generasinya
tags: , ,

Related For Komputer dan Generasinya