Komputer JAWS Bantu Tunanetra tak Ketinggalan Jaman

Monday, May 30th 2016. | Blog, Komputer
Sponsored Links

Didalam dunia yangs semakin canggih ini banyak sekali orang yang tak ingin ketinggalan zaman yang sama dengan para tunanetra yang juga tidak ingin ketinggalan mengenal kecanggihan zaman ini, meskipun mereka buta tapi tidak ada salahnya bila mereka juga dapat mengenal serta mengoperasikan teknologi sekarang ini. Nah, maka dari itu seorang pencipta bernama Ted Henter merilis alat ini (JAWS) yang berlangsung di tahun 1989 guna untuk memberi kemudahan pada dirinya yang pada tahun 1978 mengalami gangguan penglihatan dikarenankan saat kecelakaan motor.

Komputer JAWS untuk penyandang tunanetra

Komputer JAWS untuk penyandang tunanetra

JAWS sendiri merupakan sebuah singkatan dari susunan beberapa kata yakni kepanjangan dari Job Access With Speech yang berbasis screen reader atau dalam bahasa indonesianya Pembaca Layar, JAWS merupakan sebuah perangkat lunak / software yang tidak umum untuk para pengguna computer yang memiliki fisik yang normal, karena computer JAWS ini memang dirancang untuk membantu mempermudah pembelajaran para tunanetra yang kesulitan dalam mengoperasikan computer selayaknya yang dipakai oleh manusia yang normal. JAWS sampai sekarang masih terproduksi untuk membantu para penyandang tunanetra, dan perusahaan yang mengembangkan dan memproduksi jasa computer ini adalah Fredom Scientific yang mana perusahaan itu berada di Amerika Serikat dengan beberapa orang yang memproduksi yaitu Blind dan Low Vision Group.

Tujuan utama penciptaan computer JAWS memang ditujukan untuk para penderita yang mengalami tunanetra / kebutaan maupun untuk orang yang mengalami gangguan penglihatan serta kelematan dalam indra penglihatannya atau dalam bahasa lain Low Vision. Memang era modern ini yang semakin canggih dalam teknologi kadang kala memiliki keuntungan kadang kala juga malah merusak diri seseorang karena tidak dapat memanfaatkannya dengan baik malah digunakan pada hal yang bersifat negative bahkan menjerumuskan. Nah, keuntungan inilah salah satunya yakni pembuatan dan perancangan computer yang bertujuan untuk membantu para penyandang tunanetra dan yang memiliki kelemahan dalam daya lihatnya / Low vision, sehingga mereka pun dapat belajar dengan mudah daam menggunakan dan mengoperasikan Microsoft Windows dan bahkan para penderita pun tidak ketergantungan lagi pada orang lain karena dapat membantu para penderita untuk belajar mandiri.

Selain itu JAWS juga dilengkapi dengan layar yang memang dirancang memiliki kemampuan untuk membunyikan text dengan suara yang dipandu memalui gerakan cursor yang dituju atau dalam bahasa kerennya adalah Text to Speech, tidak hanya itu saja keyboard yang dibuat tersebut dirancang sebaik mungkin sehingga lebih komperhensif yang mana keyboard ini punya kemempuan tersendiri untuk melakukan komunikasi dengan monitor.

Nah, cara kerja dari computer JAWS ini pun berbeda dengan cara kerja computer biasa yang digunakan untuk selayaknya orang yang normal yaitu membaca dengan suara terhadap apapun yang di tampilkan dilayar computer, akan tetapi computer JAWS diartikan dalam bahasa inggris sekalipun dalam bahasa Indonesia suaranya pun akan seperti suara robot berbahasa inggris, hanya belakangan ini penciptaan dan penggunaan computer JAWS dengan bahasa Indonesia yang mulai dari panduan cara kerjanya sampai pembacaan setiap text yang ditampilkan.

Keuntungan computer JAWS yang dapat membantu para penyandang tunanetra sehingga tak ketinggalan jaman dengan dengan orang yang tidak menderita gangguan penglihatan, sangatlah menguntungkan dan memudahkan dalam belajar mengoperasikan computer bagi tunanetra. Kasihan kan bila tunanetra tidak dapat mengenal kecanggihan sekarang ini? Maka dari itu pencipta dan para produsan merancang computer ini sangatlah membantu sekali untuk para penderita yang kesulitan dalam computer.

Incoming search terms:

  • jamanan kemputer
  • belajar computer tuna netra melalui jaws
  • jaws aplikasi
  • kemudahan menggunakan jaws dalam pembelajaran
tags: , , ,

Related For Komputer JAWS Bantu Tunanetra tak Ketinggalan Jaman