Komputer kebutuhan dan keinginan

Saturday, March 25th 2017. | Blog, Komputer
Sponsored Links

Komputer adalah salah satu alat elektronik yang paling canggih saat ini. Memilih komputer yang hendak kita beli mungkin sama halnya seperti hendak memilih seseorang untuk menjadi pasangan hidup. Ketika memilih pasangan baik suami maupun istri latar berlakang, bibit, bobot atau pun bebetnya pasti menjadi pertimbangan sendiri bagi kita. Salah memillih seseorang sebagai pasangan hidup akan membuat kita tidak nyaman dan terasa berat menjalani bahtera rumah tangga. Sama halnya dengan memilih komputer, bila kita tidak memperhatikan spesifikasinya dengan cermat maka kita pun juga nantinya akan dibuat tidak nyaman saat menggunakannya. Nah sekarang tinggal kita akan mempergunakan komputer itu untuk apa. Apakah kita akan menggunakan komputer sebagai kebutuhan kita untuk kerja ataupun untuk mengolah data lainya seperti untuk editing film, musik, atau untuk pengolahan data yang berbasis grafik. Namun terkadang kita juga membeli komputer untuk mencari pemuasan diri, untuk gengsi-gengsian, pamer gadget terbaru atau juga bagi gamer yang selalu menginginkan perfoma game yang ciamik pasti juga akan mengharapkan komputer yang sesuai dengan keinginannya tersebut.

Laptop

Laptop

Komputer saat ini sudah bermacam – macam bentuk, ukuran, dan juga kecanggihan teknologinya. Komputer pada umumnya kita ketahui adalah alat elektronik pengolah data yang memiliki layar monitor, keyboard, mouse dan cpu yang terhubung langsung ke instalasi listrik. Untuk komputer semacam ini disebut Desktop atau PC. Dengan bentuk dan ukurannya yang agak besar dan terdiri dari beberapa komponen perangkat keras atau hardware yang harus dihubungkan dengan cpu membuat komputer Desktop atau PC ini agak ribet untuk dibawa kemana-mana. Perangkat kerasnya mesti wajib diikut sertakan agar komputer jenis ini bisa beroperasi. Apabila kurang satu saja, misal tidak ada mousenya atau tidak ada keyboardnya maka kita juga akan susah ketika hendak menggunakannya. Tidak bisa dibayangkan kalau komputer ini tidak ada mouse dan keyboarnya pastilah kita tidak akan bisa melakukan pengolahan data apa-apa. Hanya duduk diam termenung sambil memandangi monitor yang berkedap-kedip seakan sedang berkedip kepada kita.

Berbeda halnya dengan jenis komputer yang lain, yang saat ini dikenal dengan nama laptop. Kebanyakan orang mengenal laptop dengan istilah komputer jinjing yang maksudnya komputer ini bisa dengan mudah kita bawa kemana mana tinggal tekan tombol on atau power maka komputer jenis ini sudah bisa digunakan. Tidak perlu susah – susah cari sumber tenaga listrik, tidak perlu bawa keyboard dan mouse. Dalam sebuah laptop sudah terpasang lengkap perangkat pendukungnya. Untuk sumber tenaganya sendiri sudah ada baterai yang bisa mensupportnya. Begitu juga dengan keyboard dan mousenya sudah terpasang dan siap diguanakan. Namun istilah komputer jinjing ini sebenarnya kurang tepat karena istilah laptop ini sendiri sebenarnya berasal dari bahasa inggris. Kata laptop terdiri dari dua kata yang digabung yaitu dari kata lap dan top. Secara harfiah laptop berarti komputer yang bisa ditaruh di atas pangkuan oleh penggunaanya. Karena kemudahan dan kepraktisan laptop inilah, komputer ini bisa kita bawa kemana-mana. Tidak memerlukan ruangan yang besar untuk menaruhnya. Dengan duduk dan ditaruh di atas pangkuan komputer ini sudah siap untuk digunakan.

Kembali lagi ke pokok permasalahan yang sesuai dengan judul artikel ini; memilih komputer sebagai kebutuhan atau untuk keinginan. Untuk menyikapi dua hal tersebut ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan sebelum memilih jenis komputer. PC dan laptop, biarpun keduanya memiliki spesifikasi yang sama, teknologi yang diusung sama namun kemampuan yang dimilikinya bisa berbeda. Bisa dibilang PC lebih unggul performanya ketimbang laptop. Perbedaan kemampuan ini bisa kita lihat disaat kedua komputer ini menjalankan program atau aplikasi pengolahan data yang besar, seperti disaat digunakan untuk editing film, video, gambar atau foto dan juga untuk desain baik desain 2D maupun 3D. Bagi pekerja kantoran yang hanya membutuhkan pengolahan data yang ringan, untuk menulis laporan dan keperluan kantor lainnya maka memilih PC atau laptop tidak menjadi masalah. Namun untuk segi ekonomis PC lebih sering jadi pilihan karena harganya yang jauh lebih murah dan setiap saat bisa di upgrade. Untuk keperluan sekolah, laptop adalah yang menjadi pilihan favorit bagi tiap siswa. Oleh karena itu pangsa pasar laptop yang utama biasanya ditujukan untuk para pelajar yang mobile. Dengan berbagai fitur yang di tawarkan memudahkan para pelajar menggunakan laptop kapanpun. Entah itu untuk mengerjakan tugas yang diberikan guru atau untuk keperluan yang lain. Di laptop sudah terpasang lengkap berbagai perangkat keras yang siap pakai seperti wifi dan Bluetooth.

Jadi untuk memilih komputer sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan penggunaan komputer itu sendiri. Bagi yang suka mobile pilihan laptop adalah yang paling tepat. Sedang bagi pekerja kantoran yang stand by di kantor PC adalah yang paling disarankan karena kuat untuk diguanakan berjam-jam. Apapun pilihan yang akan dijatuhkan ke pada jenis komputer, spesifikasi dan harga juga harus diperhatikan dan diperhitungkan. Nilai guna itu lebih penting dari pada nilai estetikanya.

Incoming search terms:

  • komputer kebutuhan atau keinginan
  • uraikan perbedaan antara kebutuhan dan keinginan misal mengenai kebutuhan laptop
tags: , , ,

Related For Komputer kebutuhan dan keinginan