Kuda Trojan si Liar dalam selimut

Thursday, January 12th 2017. | Blog, Komputer
Sponsored Links

Kuda trojan berasal dari mitos orang yunani. Dimana pada masa itu bangsa yunani mengalami peperangan dangan bangsa troy. Bangsa troy dikenal sangat tangguh. Selama 10 tahun peperangan terjadi, benteng bangsa troy dikenal sangat kokoh dan tidak bisa ditembus oleh bangsa yunani. Hingga akhirnya mereka memiliki sebuah ide brilian agar mereka bisa masuk kota troy. Mereka membuat kuda raksasa dan didalamnya bisa mengangkut pasukan bangsa yunani. Dengan alasan kuda tersebut dibuat sebagai pengabian kepada poseiden akhirnya para petinggi troya mengizinkan kuda tersebut dibawa masuk kota troya. Pada malam harinya, para prajurit yunani yang sudah bersembunyi di dalam tubuh kuda raksasa itu akhirnya keluar dan melakukan penyerangan. Dengan strategi tersebut akhirnya mereka bisa merebut kota troya dan memenangkan peperangan yang berkepanjangan. Itulah sejarah singkat tentang asal usul kuda troya. Pada tulisan kali ini kuda troya yang akan dibahas bukan kuda troya yang ada di mitos bangsa yunani tapi kuda troya yang merupakan virus bagi komputer.

Virus Trojan

Virus Trojan

Virus trojan atau kuda troya adalah program jahat yang melakukan tindakan yang belum disahkan oleh pengguna.belum disahkan disini maksudnya adalah program ini bisa berjalan tanpa adanya persetujuan dari user atau pemilik komputer. Karena tidak ada persetujuan dari user, membuat program ini bebas melakukan tindakanya sendiri. Tindakan – tindakan yang bisa dilakukan oleh virus ini antara lain adalah virus ini bisa menghapus data, memblock data, memodifikasi data, mengcopy data dan juga bisa mengacaukan performa dari komputer atau jaringan komputer. Namun tidak seperti virus pada umumnya, virus trojan ini tidak bisa menggandakan dirinya. Bukan berarti karena tidak bisa menggandakan dirinya virus ini termasuk tidak berbahaya justru virus trojan ini sangatlah berbahaya. Menilik dari beberapa tindakan yang bisa dilakukan oleh virus ini seperti yang sudah dijelaskan di atas, virus ini malah akan menjadi ancaman yang sangat serius bagi data-data yang ada di komputer terlebih lagi jika semua data itu merupakan data yang sangat penting dan bersifat privasi.

Menurut jenis tindakan yang bisa dilakukan oleh virus trojan terhadap komputer, virus trojan ini bisa dibedakan menjadi beberapa macam yakni Exploit, Rootkit, Trojan-Banker, Trojan-DdoS, Trojan-Downloader, Trojan-Dropper, Trojan-FakeAV, Trojan-GameThief, Trojan-IM, Trojan-Ransom, Trojan-SMS, Trojan-Spy, Trojan-Mailfinder. Beberapa tipe Trojan terbaru seperti; Trojan-ArcBomb, Trojan-Clicker, Trojan-Notifier, Trojan-Proxy, Trojan-PSW.

tags: ,

Related For Kuda Trojan si Liar dalam selimut