Lampu Ijo Izin 4G LTE Dikeluarkan Akhir Tahun 2014

Wednesday, September 16th 2015. | Blog, Internet, Jaringan
Sponsored Links

4gSetelah menkominfo, Rudantara, menyampaikan syarat perizinan jaringan 4G LTE pada November 2014 lalu kini para operator seluler bersiap untuk segera mendapatkan sertifikat perizinan komersil jaringan 4G LTE ini. Kemungkinan izin dari kementrian komunikasi dan informasi ini turun menjelang akhir tahun 2014.

Rudiantara berharap setelah diberikanya izin teradap jaringan 4G LTE ini, ekosistem 4G di Indonesia bakal terpacu untuk tumbuh sehingga sudah bisa dinikmati secara meluas oleh masyarakat mulai tahun 2015.

Seusai menghadiri acara ulang tahun indosat yang ke-47,Rudiantara mengatakan “Kita perlu kesiapan ekosistem untuk me-manage ekspektasi masyarakat. Jangan sampai persepsinya 4G sudah ada di mana-mana tapi ternyata tidak,”

Beliau juga menambahkan, “Penggelaran layanan 4G LTE juga akan mendorong para vendor -baik handset maupun penyedia perangkat infrastruktur network– untuk memasukkan produk-produk yang mendukung jaringan berkecepatan tinggi itu agar memfasilitasi minat masyarakat dan mendukung ekosistem secara keseluruhan. Perkiraan pada pertengahan 2015 nanti ekosistemnya sudah ramai handset-nya lalu operator juga sudah membangun infrastruktur untuk mendukung jaringan 4G LTE ini.”

Izin komersil yang akan diberikan pada akhir 2014oleh pemerintah bukan regulasi final soal 4G LTE, tapi Surat Laik Operasi. Nanti izin akan diberikan setelah operator mengikuti proses ULO (Uji Laik Operasi).

Salah satu operator seluler negeri ini, Telkomsel, dalam situs resminya mengatakan untuk dapat menggunakan layanan jaringan 4G LTE ini maka pelanggan harus menggunakan sim card khusus yang hanya digunakan untuk jaringan 4G LTE. Selain sim card khusus, jaringan 4G LTE ini juga hanya bisa diakses melalui handset yang sudah mendukung jaringan 4G LTE.

Telkomsel mengklaim teknologi 4G LTEnya 4G mampu memberikan kecepatan download dan upload 3x lipat dibanding generasi sebelumnya. Kelebihan dari 4G LTE bisa memudahkan kita dalam mengakses beragam aktivitas online dengan lebih efisien.

Lain cerita dengan indosat yang sudah melaukan uji coba 4G LTE di Jakarta seperti di area monas dan sekitarnya. Indosat mengklaim Kecepatan akses download jaringan Indosat Super 4G-LTE adalah hingga 185Mbps dan kecepatan upload hingga 41 Mbps.

Dan cerita lain juga datang dari XL yang mengklaim bahwa kecepatan mengunduh 4G LTE bisa mencapai 300 Mbps dan upload hingga 75.4 Mbps. Pada situs resminya, XL telah meluncurkan empat handset yang bisa mendukung jaringan 4G LTE ini. Empat perangkat tersebut adalah sony experia z c6603, nokia lumia 820, nokia lumia 920 dan HTC one M8.

Diperkirakan dipertengahan tahun 2015 nanti layanan 4G LTE ini akan diramaikan oleh perangkat-perangkat canggih yang mendukung jaringan tersebut. Dengan hadirnya jaringan 4G LTE kita akan bersiap menyambut era baru dengan segala macam kecanggihan yang akan menyusul. Sudah tidak sabar? Nantikan hadirnya jaringan 4G LTE di 2015.

tags: , ,

Related For Lampu Ijo Izin 4G LTE Dikeluarkan Akhir Tahun 2014