Lanjutan Eskapologis Dinihou seperti Houdini

Friday, October 30th 2015. | Blog, Komputer
Sponsored Links

Pada konten komputerlamongan.com beberapa waktu yang lalu, dengan judul “Eskapologis Dinihou seperti Houdini” merupakan bagian pertama pembahasan tentang virus Houdini VBS atau virus Dinihou. Pada isi konten tersebut anda dapat menemukan karakteristik dari virus Dinihou ini. Dan pada bagian akhir dari konten tersebut anda juga mendapatkan tips untuk mengatasi virus Dinihou ini.

Karakteristik dari virus Dinihou ini adalah seperti Trojan dan Backdoor. Virus ini sangat ahli dalam menyusup dan juga meloloskan diri dari pemindaian antivirus. Bahkan beberapa antivirus local juga belum bisa sepenuhnya membasmi virus ini. Layaknya Trojan, virus ini juga bisa memodifikasi data atau file anda yang tersimpan pada hard drive atau peripheral storage anda. Layaknya Backdoor, virus ini dapat masuk ke media penyimpanan anda secara diam-diam tanpa sepengetahuan anda. Dan jika virus ini sudah masuk kedalam pheriperal storage atau hard drive anda virus ini akan menanamkan dirinya pada system. Kemudian membuat folder palsu sedangkan folder iduknya terhidden atau tersembunyi disystem anda.

Selama indukanya masih ada dalam komputer atau media penyimpanan anda maka virus ini belum sepenuhnya lenyap dari komputer anda. Virus ini masih aktif bahkan masih bisa menjangkiti media storage yang lain seperti halnya USB flashdisk yang selalu menjadi media favorite bagi virus dalam memperbanyak jumlahnya.

Lalu dimanakah lokasi indukanya?

Pada komputer anda, terdapat dua lokasi yang menjadi tempat indukanya. Lokasi yang pertama di startup dan yang kedua di appdata.

lokasi-indukan

lokasi-indukan

Kenapa lokasi indukanya ada dua?

Karena virus ini mencoba menggandakan diri pada sistem agar bisa saling tolong-menolong jika salah satunya ada yang dilumpuhkan lebih dahulu sehingga yang lain dapat membantunya.

Bagaimana cara kerja dari indukanya untuk melindungi dirinya dari pemindaian antivirus?

Ketika antivirus melakukan pemindaian dan mendapatkan salah satu atau keduanya dari virus tersebut maka virus akan mencoba melakukan pembersihan terhadap mereka namun karena virus ini seperti halnya Harry Houdini yang mempunyai keahlian dibidang meloloskan diri atau eskapologis maka virus ini mencoba mengunci akses baca-tulis untuk dirinya yang menyebabkan ia berhasil lolos dari proses pemindaian. Hasilnya, antivirus tidak dapat melumpuhkan virus Dinihou ini sepenuhnya.

Ada berapa jenis virus Dinihou ini?

Ada 5 buah file Dinihou VBS yang masing-masing menggunakan enkripsi berbeda, namun pada dasarnya sistem pertahanannya sama.

macam-macam dinihou

macam-macam dinihou

Bagaimana membersihkan virus ini dari dalam komputer?

Untuk bisa membasmi virus Dinihou ini sepenuhnya, maka anda harus melakukan pengup gradetan terhadap antivirus anda. Pakailah antivirus yang terbaru baik local maupun non local karena biasanya antivirus yang terbaru memililki data terbaru yang lebih lengkap terhadap berbagai macam jenis virus yang terbaru dan juga antivirus yang tebaru biasanya juga menggunakan engine yang terbaru sehingga lebih ampuh dalam membasmi virus.

Nah, dari data yang disuguhkan diatas anda sudah dapat mengetahui dengan jelas virus Dinihou ini baik dari karakteristik,cara dia meloloskan diri dari pemindaian, macam-macamnya, dan cara membersihkanya. Semoga dengan konten ini bisa menambah wawasan tentang virus VBS sehingga kita bisa melindungi data-data dari inspeksi virus komputer.

Incoming search terms:

  • kelebihan dan kekurangan houdini
  • menghilangkan virus dinihou
tags: , , ,

Related For Lanjutan Eskapologis Dinihou seperti Houdini