Laptop Mati Mendadak Part 2

Tuesday, March 8th 2016. | Tutorial
Sponsored Links
Laptop mati sendiri

Laptop mati sendiri

Cukup frustasi juga apabila disaat genting laptop mendadak mati. Pada tulisan yang terdahulu sudah dibahas penyebab yang pertama laptop mati sendiri. Pada tulisan tersebut juga dibahasa bagaimana solusi untuk mengatasinya. Sedikit mengulas tentang penyebab pertama yang membuat laptop mati sendiri.

Penyebab pertama yaitu debu. Memang hal tersebut merupakan suatu hal yang remeh namun dampak yang ditimbulkanya bisa sangat fatal. Bukan hanya overhead yang menyebabkan komponen kepanasan namun juga bisa menyebabkan komponen tersebut rusak. Akibat debu yang menyumbat tersebut juga menyebabkan kerja kipas menjadi lebih berat akibatnya baterai akan menadi lebih cepat habis.

Biasanya bagi pengguna laptop yang sering mengalami hal ini mereka kemudian akan mencolokan charger bersamaan dengan pengoperasian laptop. Hal ini justru akan menjadikan kerusakan yang lain yaitu kerusakan pada baterainya. Baterai akan cepat ngedrop dan jika sudah parah baterai tersebut tidak akan bisa dipakai lagi. Kasus yang pernah terjadi apabila baterai sudah rusak kemudian dipasang lagi pada laptop maka laptop tidak akan bisa bekerja walaupun chargernya ditancapkan ke aliran listrik.

Jika hal ini sudah terjadi maka ada dua hal yang masih bisa dilakukan yang pertama jika ingin mengoperasikan laptop maka lepas saja baterainya lalu colokan chargernya, laptop akan kembali bekerja seperti semula. Namun cara ini cukup beresiko yakni apabila daya terputus atau listriknya padam maka ini akan mengakibatkan kerusakan pada komponen-komponen yang ada pada motherboard atau mainboard.

Cara yang kedua untuk mengatasi masalah pada baterai adalah dengan mengganti baterai yang lama dengan yang baru lagi. Namun tidak jarang dipasaran baterai yang ada dipasaran adalah baterai abal-abal. Maka harus berhati-hati dalam membeli baterai yang baru. Pasikan tempat atau tokonya terpercaya dan memberikan garansi resmi dari setiap pembelian perangkat baru.

Ok, langsung pada pokok pembahasan tulisan ini, penyebab laptop yang mati sendiri yang disebabkan oleh masalah RAM. RAM merupakan komponen penting dari laptop. RAM berfungsi sebagai penyimpan data sementara dan dan hanya dapat menyimpan data saat ada aliran daya listrik atau saat laptop dinyalakan.

Proses pemasukan perintah dan pengenal device yang terpasang pada laptop semuanya dilakukan oleh RAM. Peranya sangat vital pada komputer, jika tidak ada RAM komputer tidak akan bisa dioperasikan. Begitu pula jika terjadi masalah pada RAM laptop biasanya tidak akan bisa booting. Pada beberapa komputer yang mengalami masalah pada RAM akan terdengar bunyi bib beberapa kali. Namun pada beberapa komputer bunyi ini tidak terdengar.

Lalu bagaimana cara mengatasi masalah pada RAM ini? Caranya sangat mudah, tinggal perisapkan obeng dan penghapus pensil. Obeng digunakan untuk membuka chasing sedangkan penghapus digunakan untuk membersihkan lapisan tembaga yang terdapat pada RAM. Caranya tinggal menggosokan penghapus secara perlahan ke lapisan tembaga yang ada pada RAM setelah itu itu pasang kembali RAM pada tempatnya.

Apabila cara yang kedua ini masih belum bisa mengatasi laptop yang masih sering mati sendiri maka cara yang ketiga perlu dilakukan. Adapun cara yang ketiga akan dibahas pada tulisan selanjutnya.

tags: , , ,

Related For Laptop Mati Mendadak Part 2