Laptop Mati Mendadak Part 3

Sunday, May 29th 2016. | Tutorial
Sponsored Links

Pada dua tulisan yang terdahulu yang membahas penyebab laptop mati sendiri yang seakan tidak ada penyebabnya. Ternyata setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ditemukan beberapa penyebabnya. Penyebab pertama pada tulisan lalu adalah dikarenakan debu yang sudah menumpuk di dalam kipas dan juga saluran aliran udara dalam laptop. Pada tulisan tersebut juga telah dijelaskan bagaimana solusi untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh debu. Cara membersihkanya sangat mudah dan tentu juga sangat murah bahkan bisa tidak berbayar apabila penggunanya berani membuka chasing dan membersihkanya sendiri dengan alat yang sederhana yakni dengan kuas halus dan juga blower atau penghisap debu.

Pada tulisan yang kedua dengan judul laptop mari mendadak part 2 juga telah dijelaskan dengan detail tentang penyebab matinya laptop saat dioperasikan oleh penggunanya. Pada tulisan tersebut dipaparkan penyebab laptop tersebut bisa mati sendiri. Jika kondisi laptop masih bersih dari debu dan atau sudah dibersihkan dari debu namun laptop masih mengalami mati sendiri hal lain bisa disebabkan oleh masalah pada RAMnya.

RAM adalah bagian penting dari komputer yang berfungsi untuk mengenali setiap device yang tertancap pada komputer dan juga merupakan bagian input dan output perintah komputer. Apabila terjadi masalah pada RAM tentu komputer tidak akan bisa dioperasikan bahkan untuk proses booting masuk ke operating sistem pun biasanya tidak akan bisa. Jika operating sistem sudah gagal bekerja sudah pasti komputer tidak akan bisa melakukan pekerjaanya.

Solusi yang disajikan pada tulisan tersebut juga sangatlah mudah untuk dipraktekan. Cukup memberanikan diri membuka chasing laptop dengan obeng kemudian mencari RAM yang ada pada motherboard. Setelah itu tinggal mencopot RAM dari tempatnya. Lalu siapkan penghapus pensil atau rubber kemudian digosokan dengan perlahan pada lapisan tembaga pada RAM. Jika dirasa sudah cukup bersih dengan tanda lapisan tembaganya sudah berkilauan maka RAM bisa dipasang kembali pada dudukanya di motherboard. Pastikan posisi keynotchnya pas dengan dudukanya dan RAMnya kunci dengan rapat. Setelah itu nyalakan kembali laptopnya. Jika cara yang satu ini masih belum berhasil maka bisa dicoba dengan cara yang ketiga yaitu dengan memeriksa pasta yang terdapat pada prosesor.

Prosesor ibaratnya otak dari komputer. Analogi dengan otak manusia, prosesor ini merupakan bagian yang paling vital dari komputer. Pada otak manusia, semua kegiatan atau aktivitas tubuh diperintah, diproses dan diatur di otak. Semua syaraf yang menghubungkan dengan panca indera juga berhubungan langsung oleh otak. Apabila otak ini mengalami gangguan, mungkin karena migraine atau sakit kepala maka seluruh aktivitas tubuh juga akan ikut terganggu. Ingin melakukan ini itu tidak akan terasa nyaman. Sama halnya dengan otak manusia tersebut, prosesor juga apabila digunakan secara terus menerus maka lama kelamaan juga akan mengalami kepanasan. Jika sudah terlalu panas komputer biasanya akan sangat lemot bahkan suara kipas yang menjadi pendingin prosesor ini akan terdengar bising sekali dari dalam laptop.

Pada prosesor biasanya terdapat sebuah kipas yang menempel diatasnya. Antara kipas dan prosesor diberi lapisan pasta khusus agar panas dari laptop bisa tersalurkan dengan lancar. Namun seiring dengan berjalanya waktu pasta ini juga akan mengering akibatya panas dari prosesor tidak akan tersalurkan ke pendingin meskipun ada kipas diatasnya. Panas yang berlebihan inilah yang sangat bahaya bagi prosesor.

Cara untuk mengatasi masalah ini juga tidak begitu susah. Alat yang dibutuhkan hanya obeng dan juga pasta untuk prosesor. Pasta ini terdapat banyak ditoko-toko komputer dan harganya juga murah. Namun sebelum membeil pasta ini pastikan terlebih dahulu bahwa memang pasta yang terdapat pada prosesor sudah benar-benar tipis, mengelupas dan butuh untuk dilapisi pasta lagi. Setelah yakin bahwa pastanya harus dilapisi lagi tinggal diolesi lagi dengan pastanya. Setelah itu pasang kembali kipas diatasnya jangan lupa untuk mengunci kipasnya. Terakhir tinggal coba hidupkan lagi laptopnya.

Pasta Prosesor

Pasta Prosesor

Jika ketiga cara yang sudah dibahas pada tulisan ini masih belum berhasil ada baiknya pengguna komputer memeriksa software atau sistem operasi yang mungkin mengalami masalah. Untuk mengatasi sistem operasi yang bermasalah sehingga menyebabkan laptop mati sendiri, akan dibahas pada tulisan selanjutnya.

tags: , ,

Related For Laptop Mati Mendadak Part 3