Laptop Mati Mendadak Part 4

Tuesday, May 2nd 2017. | Blog, Tutorial
Sponsored Links

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab laptop mati sendiri. Secara umum penyebab itu digolongkan menjadi dua kategori. Kategori yang pertama yaitu disebabkan oleh masalah pada hardwarenya dan yang kedua adalah softwarenya. Masalah pada hardware sudah dibahas pada tiga artikel sebelumnya.

Pada tulisan tersebut hardware yang menjadi bahasan adalah RAM, Prosesor, dan kipas pendinginya. Selain itu, pada artiekl tersebut juga disertakan pembahasan mengenai cara untuk mengatasinya. Jika pemerikasaan pada hardware yang dianggap bermasalah sudah dilakukan namun laptop masih belum bisa pulih secara maksimal maka cara selanjutnya adalah dengan memeriksa kembali operating sistem yang terinstal pada laptop.

kumpulan Operating Systems

kumpulan Operating Systems

Operating sistem atau sistem operasi adalah software atau perangkat lunak sebagai sistem dasar untuk pengoperasian komputer. Operating sistem ini berfungsi menjalankan semua perintah agar aplikasi-aplikasi yang terpasang pada komputer bisa berjalan. Ini tujukan agar pengguna bisa lebih mudah dalam mengoperasikan laptop.

Terkadang sistem operasi yang sudah terinstal pada laptop merupakan sistem operasi bajakan. Beberapa oknum atau pemilik toko yang menjual laptop atau komputer dengan sengaja menginstal operating sistem yang belum diaktifkan. Sistem operasi ini bisa dikatakan masih trial. Biasanya sistem operasi trial atau yang belum diaktifkan oleh penggunanya akan tetap bisa terinstal dan bisa dijalankan selayaknya yang sudah diaktifasi namun masa berlakunya tidak akan lama. Waktu trial yang diberikan biasanya hanya sampai satu bulan. Namun beberapa hacker bisa memperpanjang masa trialnya menjadi beberapa bulan.

Cara ini sengaja dilakukan agar nanti pengguna laptop yang masih awam merasa laptopnya ada masalah kemudian dengan asusmsi garansi akhirnya pengguna laptop tersebut kembali lagi ke toko atau penjual laptopnya. Sebagian besar penjual memberikan tarif sendiri untuk melakukan jasa install ulang operating sistem. Tarif yang ditentukan mulai dari puluhan ribu bahkan sampai ada yang ratusan ribu. Cara ini bukan lagi rahasia umum, bagi pemilik toko atau jasa instalasi ulang operating sistem tentu ini akan menjadi ladang bisnis untuk meraup rupiah demi rupiah namun bagi pelanggan tentu ini akan merugikanya.

Software bajakan yang lebih murah ini malah menjadi pilihan banyak orang ketimbang software yang asli. Mungkin karena alasan yang lebih ekonomislah software bajakan ini lebih dipilih. Operating sistem yang asli saat ini dibanderol dengan harga yang sangat tinggi. Untuk operating sistem yang terbaru saat ini harganya kisaran satu jutaan. Harga yang tinggi inilah yang mungkin dimanfaatkan sebagian orang untuk meraup untung.

windows 7 loader

windows 7 loader

Operating sistem yang sudah mencapai masa trialnya biasanya akan membuat laptop mati sendiri tanpa sebab. Dari beberapa kasus, biasanya dalam waktu sekitar beberapa jam setelah laptop dinyalakan maka akan mati dengan sendirinya. Pada beberapa kasus yang lain laptop akan restart sendiri. Untuk mengatasi masalah ini ada dua cara yang pertama harus mencari crack dan yang kedua install ulang. Crack merupakan perangkat lunak yang bisa digunakan untuk mengaktifkan operating sistem. Crack ini ada yang berfungsi seperti loader. Jadi dia akan memperpanjang masa aktif operating sistem sampai beberapa waktu. Ada pula crack yang bisa mengaktifkan operating sistem selamanya. Namun apabila crack ini tidak berjalan dan tidak bisa melakukan pengaktifan operating sistem maka cara yang terakhir yang harus dilakukan adalah dengan cara menginstal ulang operating sistem tersebut.

Operating sistem juga rentan terhadap virus. Pemasangan antivirus merupakan tameng andalan yang diharapkan untuk menghindari infeksi virus komputer. Pada operating sistem, terutama pada folder yang terdapat di drive C system 32 tempat operating sistem terinstal merupakan sasaran utama virus untuk singgah. Folder ini merupakan tempat file utama operating sistem. Jadi apabial folder ini sudah di infeksi virus maka semua sistem juga akan terganggu. Aplikasi-aplikasi yang terinstal juga tidak akan bisa berjalan dengan normal. Cara lain supaya pengguna komputer atau laptop tidak bolak balik install ulang operating sistem adalah dengan cara install antivirus dan menggunakan sistem restore.

tags: , , ,

Related For Laptop Mati Mendadak Part 4