Laptop Mendadak Mati part 5

Tuesday, May 10th 2016. | Hardware, Tutorial
Sponsored Links

Banyak artikel yang membahas tentang laptop atau komputer yang tiba-tiba mati sendiri atau restart sendiri. Beberapa penyebab ada yang sepele ada juga yang sudah mencapai tingkat yang kritis. Untuk mengatasi masalah tersebut ada juga cara yang bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan ahli. Namun pada beberapa kasus yang sudah parah dibutuhkan ahli untuk mengatasinya.

Pada tulisan sebelumnya, sudah dibahas empat hal yang menjadi penyebab laptop mati mendadak. Baik dikarenakan oleh masalah pada hardwarenya maupun masalah pada softwarenya. Empat hal penyebab laptop mati mendadak tersebut juga telah disertakan dengan cara sederhana untuk mengatasinya. Bahkan tanpa bantuan ahli pengguna bisa memperbaikinya sendiri.

Empat hal tersebut merupakan hal umum yang biasa terjadi pada laptop. Ini merupakan kasus ringan yang bisa diatasi sendiri oleh penggunanya. Cara yang murah dan sederhana bisa dilkukan untuk mengatasinya. Cara tersebut ibaratnya P3K, pertolongan pertama pada komputer. Apabila cara tersebut masih belum berhasil mengatasi masalah laptop mati sendiri maka ada baiknya dibawa ke ahlinya.

Untuk kasus yang berat, penyebab laptop mati sendiri adalah karena kerusakan pada motherboardnya. Bisa karena salah satu komponenya ada yang rusak bisa juga karena kondisi motherboardnya yang sudah uzur. Memang untuk memeriksa kerusakanya tidaklah mudah. Begitu banyak komponen penting didalamnya kalau bukan ahlinya tidak akan bisa mengecek kerusakanya. Komponen-komponen penting seperti prosesor, RAM, baterai CMOS dan juga berbagai macam port-port penting terdapat didalamnya.

motherboard

motherboard

Motherboard biasa juga dikenal dengan nama mainboard merupakan papan pcb yang memiliki banyak jalur konektor yang menghubungkan akses ke semua perangkat. Pada papan pcb ini terdapat lapisan dari tembaga, lapisan inilah yang menghubunkan satu komponen dengan komponen lainya. Lapisan ini juga terkadang bisa terkelupas. Karena lembab dan panas yang berlebihan akan menyebabkan usia motherboard ini.

Jika kerusakan hanya terjadi pada komponenya misalkan chipsetnya, maka masih bisa diperbaiki dan diganti dengan komponen yang baru. namun apabila kerusakan sudah parah hingga menyebabkan motherboard tidak berfungsi lagi maka pilihan untuk membeli motherboard yang baru atau bahkan membeli laptop yang baru. pertimbangan akan harga dan kualitas motherboard saat ini menjadi pilihanyang harus diperhatikan. Harga motherboard saat ini masih masih sangat tinggi belum lagi kualitasnya juga masih diragukan keaslianya. Jadi apabila motherboard sudah parah kerusakanya, pilihan terbaik adalah untuk mengganti dengan perangkat yang baru.

tags: , ,

Related For Laptop Mendadak Mati part 5