Layanan 4G LTE Indosat Segera Menyusul Telkomsel

Monday, September 28th 2015. | Blog, Internet, Jaringan
Sponsored Links
Presiden Direktur dan Chief Executive Officer (CEO) Indosat, Alexander Rusli

Presiden Direktur dan Chief Executive Officer (CEO) Indosat, Alexander Rusli

Beberapa waktu yang lalu Telkomsel telah mengumumkan bahkan telah mengiklankandi stasiun TV swasta di Indonesia bahwa mereka adalah operator seluler pertama yang secara resmi telah mengkomersilkan jaringan internet super cepat 4G LTE.

Jaringan 4G LTE ini merupakan jaringan internet super cepat yang baru hadir di Indonesia. Meskipun demikian, beberapa operator seluler juga telah melakukan uji coba terhadap jaringan ini dibeberapa wilaya di Indonesia.

Telkomsel sebelumnya juga pernah melakukan uji coba jaringan 4G LTE ini dibali pada KTT APEC. Operator lain XL juga telah melakukan uji coba serupa dan sekarang juga sudah mulai mempromosikan produknya diberbagai media seperti TV dan juga internet melalui website resminya.

Bahkan iklan yang dihadirkan oleh xl ini membuat dua operator seluler yakni telkomsel dan indosat merah kupingnya karena xl dengan sengaja telah mengklaim untuk mengkomersilkan produknya. Padahal izin komersil untuk jaringan internet super cepat 4G LTE ini belum dikeluarkan oleh kementrian komunikasi dan informasi.

Pada acara ulang tahun indosat yang ke-47 lalu yang dihadiri oleh Menteri Komunikasi dan Informasi Rudiantara, beliau membeberkan akan segera memberikan izin untuk layanan jaringan 4G LTE. Rudiantara mengatakan, salah satu persyaratan agar operator seluler mendapatkan sertifikat layanan 4G komersil adalah operator seluler itu mau berkomitmen untuk memberikan layanan yang berkelanjutan. Operator seluler diharapkan tidak hanya memulai menggelar layanan 4G LTE saja, namun juga harus mempersiapkan ekosistem.
“Ekosistemnya yang harus sudah disiapkan, seperti handset apakah sudah ada apa belum, termasuk layanannya,” kata Rudiantara. Beliau juga menambahkan layanan 4G LTE akan diluncurkan secara bertahap mulai dari 900 MHz, 1.800 MHz, dan 2,1 GHz. Untuk 1.800 MHz dijadwalkan akan rilis pada kuartal pertama tahun depan.

Presiden Direktur dan Chief Executive Officer (CEO) Indosat, Alexander Rusli, mengatakan bahwa perusahaan telah mengantongi Uji Laik Operasi (ULO) untuk menggelar 4G LTE. Kemungkinan produk indosat 4GLTE akan diluncurkan pada minggu ini atau paling lambat minggu depan. Namun sayangnya untuk jaringan 4G LTE ini infrasuktur akan dimulai dari Jakarta terlebih dahulu selanjutnya bali. Untuk sementara di wilayah Jakarta area yang tercakupi adalah di sekitar monas.

Program 4G LTE ini merupakan proyek besar dari pemerintah untuk menyediakan layanan internet ke seluruh negeri. Rencana sepertinya akan segera terealisasikan setelah pemerintah melalui menkominfo memberikan izin komersil kepada operator seluler yang siap berkomitmen memberikan layanan yang baik terhadap pelangganya.

tags: , ,

Related For Layanan 4G LTE Indosat Segera Menyusul Telkomsel