Lebih Akrab dengan Linux

Thursday, September 3rd 2015. | Blog, Software
Sponsored Links

Mungkin bagi sebagian orang pemilik dan pengguna komputer sudah sangat familiar dengan tampilan start up dengan gambar jendela kotak-kotak. Bahkan hampir semua orang dibelahan bumi ini menggunakan komputer dengan tampilan seperti itu. Tampilan start up itu merupakan tampilan bawaan yang menunjukan ciri khas dari suatu operating sistem sebuah komputer. masing-masing operating sistem memiliki tampilan atau tema yang tidak sama meskipun operating sistem tersebut dibuat oleh perusahaan yang sama.

Windows merupakan salah satu operating sistem buatan Microsoft juga memiliki banyak versinya. Pada tahun 2000an windows xp merajai penjualan operating sistem pada masa itu. Penjualan yang laris manis dipasaran yang pada saat itu hampir seluruh pengguna komputer dimuka bumi memakai operating sistem ini. Kemudian beberapa tahun sesudahnya Microsoft juga meluncurkan produk yang lain yakni windows vista namun banyak yang merasa belum puas dengan performa dan juga kendala harga untuk komputer yang support windows vista ini masih terkesan sangat mahal.

Ketidak berhasilan windows vista ini dalam menarik perhatian pelangganya mendorong Microsoft untuk menyempurnakan produk mereka. Kemudian mereka kembali merilis produknya dengan nama windows 7. Sistem operating ini hampir mirip dengan windows vista namun banyak perbaikan dan peningkatan keamanan yang dilakukan oleh Microsoft. beberapa tahun terakhir Microsoft juga kembali membuat gebrakan dengan produk terbarunya, windows 8. Tidak lama setelah masa peluncurunya ke public, Microsoft kembali membuat operating sistem yang diberi nama windows 8.1. dari semua produk operating sistem yang telah dirilisnya, tidak ada kesamaan tampilan ataupun tema dari semua operating sistem tersebut. Selebihnya operating yang terbaru yang dikeluarkan dianggap memiliki tampilan yang lebih gres dari pada tampilan yang dibawakan oleh operating sistem pendahulunya.

Linux Logo

Linux Logo

Kembali lagi ke topik utama yaitu linux. Mungkin linux masih awam ditelinga newbie. Namun sebenarnya linux juga merupakan sistem operasi komputer yang juga telah berumur lama. Sistem operasi ini lebih dikenal dengan gambar penguinya sebagai logo dari operating sistem linux.nama linux ini diambil dari nama penciptanya yaitu Linus Torvalds. Sistem dasar yang digunakan oleh linux adalah sistem operasi GNU. Sistem operasi linux ini merupakan sistem operasi open source. Jadi sistem ini bisa dimodifikasi sendiri oleh siapa saja. Lain halnya dengan windows, ataupun OSX yang bersifat close source.

Karena operating sistem linux ini bersifat open source banyak personal ataupun juga dalam bentuk tim membuat distribusi linux atau lebih dikenal dengan istilah distro. Istilah distro ini mirip dengan distro-distro yang menjual pakaian. Yang mana pada distro yang menjual pakaian didalamnya terdapat berbagai macam model dan design baju yang menarik. Sama halnya dengan distro linux. Mereka juga menyediakan banyak linux dengan versi dan tampilan mereka sendiri. beberapa contoh distribusi linux atau distro linux yang terkenal adalah ubuntu dan debian. Kedua distro linux ini sering kali dibawakan pada bidang akademisi untuk kegiatan belajar mengajar komputer. selain itu masih banyak distro linux lain yang tidak disebutkan dalam tulisan ini. Adapun bagi yang ingin merasakan perbedaan antara sistem operasi linux dengan operating sistem yang lain bisa dicoba dengan mendownload sistem operasi secara gratis di internet.

distro Linux

distro Linux

Bagi pengguna windows juga tidak perlu khawatir untuk melakukan install ulang, linux ini bisa berjalan beriringan dengan windows dalam satu komputer. Cara untuk membuat dua operating sistem dalam satu komputer cukup mudah. Ada dua cara untuk melakukanya, yang pertama dengan membuat partisi lagi untuk linux pada harddrive dan yang kedua dengan virtual box. jika hanya ingin mencoba saja maka lebih baik menggunakan virtual box karena pada virtual box sistem akan membuat partisis sendiri tanpa mengganggu partisi drive untuk sistem operasi yang lain. Jadi akan lebih aman dan tidak beresiko asal drive dan memori RAM komputer mendukung untuk menjalankan virtual box ini. Bagi yang penasaran ingin merasakanya silahkan mencobanya sendiri agar pengalaman dan pengetahuan tentang operating sistem semakin banyak dan semoga bermanfaat.

tags: , ,

Related For Lebih Akrab dengan Linux