Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya

Thursday, August 24th 2017. | Hardware, Jaringan, Komputer
Sponsored Links

 

Siapa sih yang tidak tahu dengan komputer, di zaman sekarang ini hampir ssemua kegiatan harus menggunakan komputer, bahkan sekarang, jika anda ingin sekolah, mendaftarnya pun harus menggunakan komputer. Memang komputer sangat bermanfaat sekali, karena akan mempercepat pekerjaan seseorang. Tapi apakah kalian tahu, rangkaian-rangkaian komputer.

Rangkaian komputer atau komponen komputer (software dan Hardware) merupakan alat yang sangat penting bagi jalanya komputer. Tanpa adanya alat ini, komputer tidak akan menyala.untuk kali ini saya akan menjelaskan tentang macam-macam perangkat komputer, tetapi untuk kali ini saya khusus hanya menjelaskan tentang bagian perangkat kerasnya saja, berhubung saya anak TKJ,hehe. Oke langsung saja inilah macam-macamnya:

  1. Motherboard

    motherboard

    motherboard

Motherboard merupakan papan sirkuit yang berguna untuk sebagai tempat komponen-komponen komputer, seperti hardissk, RAM, prosessor, dan sebagainya.selain itu juga, motherboard ini bukan hanya sekedar papan, tetapi motherboard ini terdiri dari papan yang bberbentuk PCB , dan memiliki Chip BIOS, jalur-jalur konektor atau penghubung, yang berguna untuk menghubungkan perangkat satu dengan perangkat yang lain.

  1. Processor

    Processor

    Processor

Processor adalah sebuah IC yang mana merupakan otak dari segala sistem yang ada di komputer. Mengapa di sebut otaknya komputer, karena prossesor ini bertugas untuk melakukan perhitungan maupun memerintah program yang mau atau yang akan di jalankan oleh komputer.

  1. HeatSink

Heatsink adalah merupakan perangkat keras komputer yang berguna untuk mengurangi daya panas yang ada di dalam komputer. Komputer ketika sudah menyala, semua perangkat di dalam komputer akan menghasilkan daya panas, terutama pada bagian prossessor, maka dari itu heatsink ini merupakan alat ayng penting, jika tidak ada alat ini, maka komputer akan cepat rusak, bahkan prossesor akan rusak, ini jangan sampai terjadi, mengingat harga prossessor pun sangat mahal.

    1. Hard Disk

      hardisk

      hardisk

Hard disk adalah merupakan perangkat keras komputer yang berguna untuk sebagaiĀ  alat penyimpanan yang ada di dalam komputer. Dalam sebuah hardisk, tiu terdapat lebih dari satu piringan yang berguna untuk memperbesar kapasitas data yang dapat di tampung oleh harddisk tersebut. Jika piringannya itu lebih banyak, maka daya tampung nya pun akan tambah banyak.

  1. Monitor

Monitor adalah merupakan salah satu perangkat yang mana terglong alat output yang berguna untuk menampilkan hasil pengolahan data, berupa grafis. Tanpa adanya ini anda tidak dapat melihat siste kerjanya komputer. Jenis-jenis monitor pun sekarang sudah banyak, orang dahulu menggunakan monitor tabung, untuk sekarang- rata-rata sudah menggunakan monitor LCD.

  1. VGA

VGA card adalah merupakan sebuah perangkat keras yang berguna untuk mengolah data grafik yang akan di tampilkan oleh monitor. VGA sendiri memiliki prossesor yang biasa di sebut GPU. Biasanya perangkat keras VGA ini sangat di butuhka, terutama bagi gamers seperti saya, dan berguna juga untuk designer.

  1. Power supply

Power supply adlaah merupakan perangkat keras yang berguna untuk penyuplai daya listrik ke komponen-komponen komputer. Power supply juga berguna untuk menstabilkan aliran listrik yang masuk ke komputer. Power supply ini di ibaratkan seperti jantung, bila jantungnya berdetak akan selalu tetap hidup, bila jantungnya sudah tidak berdetak, maka komputer pun mati.

  1. RAM

RAM (Random Acces Memory) adalah merupakan perangkat keras yang berguna untuk menyimpan data secara sementara, ini berbeda sekali dengan hardisk, kalau hardisk jika komputer di matikan, datanya tidak akan hilang, jika datanya masih ada di RAM, jika komputer di matikan, datanya pun akan hilang.

Itulah sedikit dari saya tentang Macam-Macam Perangkat keras, Sekian dari aya, Terima Kasih.

Incoming search terms:

  • macam-macam perangkat keras komputer
tags: , , ,

Related For Macam-Macam Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya