Macam – Macam Perangkat keras

Wednesday, November 12th 2014. | Blog, Hardware, Komputer
Sponsored Links

MACAM – MACAM PERANGKAT KERAS KOMPUTER

Macam Perangkat keras Komputer

Macam Perangkat keras Komputer

Beberapa perangkat keras komputer akan di jelaskan di artikel ini, yaitu :
1. Monitor
Monitor adalah perangkat keras keluaran atau oputput. Fungsi monitor di gunakan untuk memunculkan atau manampilkan hasil yang telah kita olah. Banyak macam yang di miliki monitor antara lain monitor plasma, monitor LED ( Light Etmitting Diode ), monitor CRT, monitor LCD ( Liquid Cristal Display ). Saya akan menjelaskan satu persatu monitor tetapi hanya di singgung saja.
• Monitor plasma adalah monitor yang di tempatkan di antara dua plat kaca, cara penggunaanya dengan gas xenon atau gas neon.
• Monitor LED ( Light Etmitting Diode ), monitor ini seperti monitor LCD namun monitor LED lebih ramping di banding monitor LCD. Dan monitor LED ini lebih hemat pemakaian listriknya tapi pastinya harganya pun lebih mahal.
• Monitor CRT, monitor ini pertama kali muncul bentuknya pun masih jadul. Sering di sebut monitor tabung karena mempunyai tabung di bagian belakang. Cara kerja monitor CRT yaitu dengan memancarkan sinar elektron ke celah – celah kecil di layar.
• Monitor LCD berbeda dengan monitor CRT, dari bentuknya pun sudah kelihatan. Monitor LCD mempunyai cara kerja yang lebih baik di banding monitor CRT, yaitu memancarkan sinar dari kristal cair lalu di pancarkan secara elektrik dan membentuk panel – panel kecil yang datar.
2. Keyboard
Keyboard adalah alat masukan kata yang berupa huruf dan angka. Ada beberapa jenis keyboard, antara lain :
• Keyboard Qwerty merupakan keyboard yang sering di temukan dan hampir semua orang memakai keyboard Qwerty.
• Keyboard Klockenberg yaitu keyboard yang bagian kanan dan kiri terpisah.
• Keyboard Chord yaitu hanya memiliki beberapa tombol saja.
• Keyboard Maltron merupakan keyboard yang berbentuk cekung sehingga jari jari tidak terbentuk lurus dan hanya bisa di gunakan delapan jari.
• Keyboard Alphabetik tata letaknya seperti keyboard Qwerty namun keyboard Alphabetik ini susunannya berurutan seperti huruf alphabet.
Mungkin hanya beberapa keyboard yang bisa saya tulis kali ini.
3. Mouse
Mouse berfungsi sebagai alat untuk meletakkan cursor di layar monitor. Macam – macam mouse : mouse USB, mouse PS/2, mouse optik, mouse wirelless, mouse sereal.
4. Speaker Speaker menghasilkan hasil olahan berupa suara.
5. Stabilizer Berfungsi jika voltase turun maka stabilizer ini akan menstabilkan tegangan listrik.
6. Scanner mempunyai fungsi untuk memasukan data yang hasilnya akan di tampilkan di layar monitor dengan cara mengkopy data berupa objek.
7. CPU erupakan tempat mengatur kerja komputer. Di dalam CPU terdapat Processor yang sebagai otaknya komputer.
8. Microphone adalah alat yang merubah gelombang suara menjadi arus listrik dengan cara menangkap gelombang suara itu terlebih dahulu sebelum merubahnya.
9. Flashdisk alat penyimpan data berupa apapun dan bisa di bawa ke mana saja.
10. Printer berfungsi untuk mencetak hasil kerja atau data kita berupa lembaran kertas.

Incoming search terms:

  • perangkat komputer
tags: , , ,

Related For Macam – Macam Perangkat keras