Macam-Macam Virus Komputer

Friday, August 25th 2017. | Komputer, Software, Virus, Virus Komputer
Sponsored Links

 

Hay guys, apakah kalian tahu apa itu virus. Virus merupakan seseuatu yang dapat membuat kita sakit. Semua orang bisa terkena virus. Bukan hanya manusia saja, alat elektronik juga bisa terkena virus, salah satunya yaitu komputer. Komputer juga dapat terkena virus. Virus komputer sendiri itu ada banyak sekali jenisnya, berikut ini saya akan menjelaskan tentang Macam-Macam virus komputer yang berbahaya:

jenis jenis virus komputer

jenis jenis virus komputer

  1. Virus Autoit Variant

Hampir kebanyakan varian dari virusĀ  berbasis scrip ini memakai icon seperti mirip folder. Virus yang satu ini dapat melakukan sistem auto update ke beberapa situs komputer anda. Biasanya virus ini dapat memanfaatkan Yahoo, messenger sebagai media perantaranya, dnegan cara mengirimkan pesan yang berisi link ke setiap contact person yang ada di Yahoo/messenger korban.

  1. Worms

Worm adalah merupakan program komputer yang sangat mirip sekali dengan virus, worms ini mempunyai kemampuan untuk me replikasi diri yang dapat menyebabkan efek yang negatif pada sistem komputer anda. Tetapi, worms dapat di deteksi dan dapat di hilangkan dengan perangkat lunak antivirus, seperti Smadav, Baidu, dan masih babnyak lagi. Biasanya virus ini menyebar memalui e-mail, dan jaringan koneksi internet kita.

  1. Discusx,VBS

Virus yang satu ini mempunyai ukuran yaitu sekitar 4.800 bytes. Dia akan menginfeksi di beberapa drive komputer kita, termasuk pada drive flashdisk, yang ketika telah terinfeksi, akan membuat file autorun.inf dan system 32.sys.vbs pada root drive tersebut.

  1. Memory Resident

Virus yang satu ini dapat menetapkan dalam memori komputer anda secara otomatis akan aktis setiap kali OS menginfeksi file yang di buka. Jenis virus ini biasanya bersembunyi di dalam RAM, dan tinggal di sana. Bahkan, setelah kode berbahaya elah di jalankan.virus ini mendapat kontrol atas memori sistem dan mengaklokasikan blok pada memori yang mana ia menjalankan kode itu sendiri, dan mengeksekusi kodenya kketika fungsi apapun telah di jalankan, cara mengatasinya itu: install program antivirus.

  1. Trojans

Trojan atau yang biasa kita kenal dengan trojan horse adalah merupakan kode yang sangat berbahaya, tidak seperti virus biasa, virus ini tidak memproduksi dengan menginfeksi file kita, juga tidak mereplikasi diri seperti hewan cacing, program virus ini menyamarkan dirinya sebagai program atau aplikasi yang menurut kita aplikasi itu berguna.

  1. Recycler Varian

Ciri khas dari virus ini yaitu tekniknya bagaimana dia menyebar, yaitu bersembunyi di dalam direktory recycler/recycle bin. Virus ini juga di ketahui menerapkan, teknik sistem code injection agar kode virus tersebut dapat tersangkut pada explorer.exe. hal ini di lakukan untuk mempersulit user maupun mempersulit program antivirus sekalipun untuk membunuhnya.

macam macam virus komputer

macam macam virus komputer

  1. Vbs

Virus jenis ini memiliki ukuran yaitu sekitar 10.000 bytes, jika virus ini di buka menggunakan notepad, maka tidak banyak yang dapat di baca di dalam notepad itu, karena dalam keadaan ter-enkripsi, pada registy. Virus ini pun memberikan pengenal dengan cara membuat key baru yan gada di HKLM/Software dengan nama yang sama, seperti nama pada computer name.

  1. Rieysha

Virus yang satu ini yaitu bernama Riesya,ukuran dari virus ini yaitu 104 KB, dengan icon yang persis dengan file real media player. Jika virus ini terdeteksi, ia akan membuat duplikat file exe, mp3, doc, dan 3gp, yang di ganti dengan dirinya.

Itulah sedikit tentang virus-virus yang ada di komputer, sekian dari saya. Terima Kasih,.

tags: , ,

Related For Macam-Macam Virus Komputer