Mainkan Cursor dengan Trackball | Pengertian dan Fungsinya

Tuesday, December 16th 2014. | Aksesoris, Hardware, Jaringan, Komputer
Sponsored Links

Menjalankan cursor dengan tetikus atau mouse sudah biasa, akan tetapi perkembangan zaman yang semakin pesat ini terdapat mouse yang benama Trackball, trackball ini memanglah sebuah piranti yang berfungsi untuk menggeserkan cursor pada layar monitor yang hampir sama seperti mouse, akan tetapi bedanya hanya pada saat menggeserkan cursornya dengan cara berbeda.
Mouse jenis Trackball

Mouse jenis Trackball

Mouse jenis Trackball

Definisi Trackball

Trackball sebuah piranti yang hamppir mirip dengan mouse. Trackball merupakan sebuah alat yang digunakan untuk menggeserkan cursor pada layar monitor dengan cara menggeser bola dengan jari tangan dengan arah yang tidak dibatasi atau sesuai kehendak anda sendiri. Berbeda dengan mouse, memang fungsinya sama hanya saja cara kerja dari keduanya saja yang berbeda, jika Trackball menggunakan bola yang digeser dengan jari tangan tetapi jika dengan mouse hanya dengan 2 tombol saja yaitu kanan dan kiri, tidak sebebas Trackball.

Trackball juga bisa dikatakan dengan bola jejak, yang mana Trackball memiliki keunggulan dari segi tempat yaitu Trackball dapat menghemat tempat, karena tidak perlu menggeser badannya secara luas hanya cukup mengeserkan bolanya untuk perpindahan cursor sesuai dengan file yang dipilih. Tidak seperti dengan Mouse pada umumnya yang memerlukan ruangan yang cukup luas untuk menggerakan cursor beserta dengan menggeserkan badannya, sehingga mouse bisa dikatakan boros akan tempat.

Nah disini saya akan membahas keuntunga serta kelebihan menggunakan piranti Trackball ini, agar kalian tahu lebih luas dan dapat mendalami pakah itu Trackball.

Kelebihan yang bisa didapat dari menggunakan Trackball.

  1. Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, penggunaan Trackball sangat dinamis, simple dan lebih mudah dalam mengoperasikannya.
  2. Trackball juga bisa dikatakan memiliki keunggulan tahan terhadap bantingan.
  3. Trackball tidak terpengaruh dengan jari yang terkena minyak ataupun saat tangan mengalami kelembapan
  4. Lebih hemat tempat karena hanya cukup menggeserkan bolanya tidak perlu menggeserkan seluruh badannya, tidak seperti piranti mouse.
  5. pergerakan cursor bebas dengan menggerakan bolanya saja.

Kekurangan yang bisa didapat dari menggunakan Trackball.

  1. Rentan terhadap debu, karena saat pemakaian Trackball jika tangan keadaan tidak bersih, debu atau kotoran akan menempel pada bola Trackball, sehingga yang dapat terjadi pada bola cursor akan mengadat dan bermasalah. Solusi untuk masalah tersebut adalah rutin memberihkan bola cursor.
  2. Jika Trackball keadaan kotor terutama pada bolanya yang tertempel kotoran, maka otomatis harus diganti atau dibersihkan dalamnya, dan jika harusdibersihkan dalamnya otomatis harus dibuka segelnya terlebih dahulu, padahal segel itulah yang juga penting penanda.

Perkembangan zaman yang semakin pesat ini juga mempengaruhi kerja piranti mouse pada komputer, seperti pada Trackball ini juga termasuk mouse yang malah mempermudah pekerjaan kita terhadap pergerakan cursor, tidak hanya itu saja tetapi juga ada jenis mouse yang berbasis nirkabel atau tanpa kabel yang tetap dapat menyambung dan menggerakan cursor.

Incoming search terms:

  • fungsi trackball
  • pengertian trackball dan fungsinya
  • pengertian dan fungsi trackball
  • pengertian trackball
  • pengertian dan fungsi track ball
  • pengertian track ball
  • fungsi track ball
  • mouse trackball berfunsi
  • fungsi dari trackball
  • pengertian dari trackball
tags: , , , ,

Related For Mainkan Cursor dengan Trackball | Pengertian dan Fungsinya