Makin tipis dengan SSD

Thursday, April 20th 2017. | Komputer
Sponsored Links
Eniac komputer generasi pertama

Eniac komputer generasi pertama

Komputer yang pada saat awal kumunculanya berwujud seperti raksasa yang super besar. Hadir dengan ukuran yang super panjang dan berat yang fantastis menjadikan komputer sangat sulit untuk dipindah tempatkan. Pasti hal ini akan menjadi kendala yang sangat amat serius bagi user yang selalu mobile dan memiliki aktifitas segudang yang membutuhkan komputer sebagai alat kerjanya. Disaat hendak bertemu klien untuk membincangkan bisnis atau untuk presentasi yang disetiap pertemuan yang mewajibkan hadirnya komputer tentu akan sangat merepotkan memboyong komputer jumbo ini.

Namun masalah itu kini sudah bisa teratasi dengan adanya komputer generasi kelima yang tenar saat ini. Laptop ataupun desktop sudah hadir dengan tampilan yang super ciamik. Jika pada awal komputer dengan Pentium dulu yang hadir dengan monitor kotaknya membuat penuh sesak meja kerja. Kini monitor tersebut sudah tergantikan dengan monitor LED yang super tipis. Tak hanya ukuranya yang tipis namun monitor ini juga jauh lebih ringan dibanding monitor yang menggunakan tabung. Ada juga produk terbaru dengan nama super thin pc atau biasa disebut juga mini pc membuat meja kerja semakin longgar untuk menaruh peralatan kerja atau kantor.

Perkembangan laptop juga tidak kalah dengan perkembangan desktop atau PC. Laptop yang dahulunya berukuran tebal dan terasa berat dipangkuan seakan sedang menimang benda yang berbobot kiloan gram kini laptop pun juga hadir dengan laptop yang super tipis. Bahkan ukuranya hampir sama dengan ukuran buku tulis pada umumnya. Lalu rahasia apakah yang membuat laptop atau PC itu bisa semakin tipis?. Bagaimana juga dengan perfoma dan media penyimpananya? Apakah komputer atau Laptop yang super tipis itu juga bisa sehandal yang ukuranya tebal? Banyak sekali mungkin pertanyaan yang hadir apabila mempebincangkan model komputer ini.

komputer tipis

komputer tipis

Menjawab pertanyaan yang pertama, rahasia apa yang membuat laptop atau PC menjadi lebih tipis? Rahasia dibalik itu semua adalah laptop atau PC terbaru saat ini sudah tidak lagi menggunakan Hardisk Drive sebagai media penyimpananya. Bentuk HDD yang terlalu tebal dan berat membuat ukuran perangkat komputer akan lebih besar. HDD sudah diganti dengan flash memory. Bahkan teknologi flash memory terkini bisa mencapai 9 kali lebih cepat dari pada HDD yang memiliki kecepatan 5400rpm. Jadi memory penyimpanan ini bisa mengakses data lebih cepat dan responsive dari pada HDD. Karena kecepatan itulah PC atau laptop yang menggunakan flash memory akan lebih cepta proses start up dan shut downya.

SSD

SSD

Untuk ketahanan sendiri sudah pasti flash memory lebih tangguh dari pada HDD karena flash memory ini lebih tahan terhadap benturan. Selain itu flash memori ini juga bisa bekerja lebih tenang, tidak seperti pada HDD yang terkadang apabila megalami bad sector akan terdengar suara gemercik dari komputer. Kapasitas memori yang tersedia dari flash memory ini mencapai 512 Gb. Flah memory ini lebih dikenal dengan nama SSD. Tidak seperti HDD yang menggunakan cakram magnetis sebagai media penyimpanananya, media penyimpanan yang digunakan SSD adalah nonvolatile memory. Nonvolatile ini berbeda dengan memory RAM yang hanya menyimpan data sementara hanya pada saat ada aliran daya listrik yang mengalir. Pada nonvolatile memory data yang tersimpan di dalamnya akan tetap tersimpan walaupun tidak ada daya listrik yang mengalir. Data pada SSD akan disimpan pada sel memori yang berbentuk chip. Cara kerja SSD ini sama seperti cara kerjanya flashdisk. Jadi data yang tersimpan tidak akan terhapus kecuali user sendiri yang menghapusnya.

tags: , , ,

Related For Makin tipis dengan SSD