Malware yang Masuk Lewat Pintu Belakang

Monday, March 13th 2017. | Blog
Sponsored Links

Begitu banyak jenis virus terbaru yang muncul belakangan ini. Mulai dari virus yang abal-abal sampai dengan virus yang super jenius. Virus-virus ini merupakan program jahat yang sengaja dibuat oleh seseorang dengan memanfaatkan komputer orang lain.

Virus komputer seperti halnya virus pada makhluk hidup. Persamaan dari keduanya adalah ketika mereka sudah menginfeksi maka akan membawa dampak yang negative bagi korbanya. Apabila virus ini tidak diberikan obatnya maka virus ini akan tetap bertahan hidup dan mendiami tubuh korbanya.

Persamaan lain dari kedua virus tersebut adalah mereka juga bisa menular ke yang lain. Cara penularanya pun juga sama. Mereka bisa juga menular ke yang lain karena mereka saling bersentuhan. Kasus yang paling sering terjadi pada komputer adalah ketika satu komputer yang sudah terinfeksi virus kemudian saling bertukar file atau data maka virus itu juga akan ikut berpindah ke komputer lawan. Media pemindahan yang paling mudah terjangkiti adalah usb flash disk.

Namun ada beberapa virus komputer yang sangat sulit sekali untuk terdeteksi dikomputer. Virus tersebut disebut dengan backdoor. Melihat dari namanya saja kita sudah dapat memahami kenapa virus ini disebut backdoor. Backdoor yang apabila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia artinya adalah pintu belakang.

masuk dari pintu belakang

masuk dari pintu belakang

Ibarat kita punya rumah. Kemudian ada tamu yang berkunjung. Secara etika sopan santun dan ramah tamah tamu akan masuk lewat depan namun juga didahului dengan mengetuk pintu dan mengucapkan salam sehingga pemilik rumah akan mengenali kalau ada tamu.

Namun berbeda dengan backdoor, dia seperti tamu yang tidak tahu sopan santun. Masuk lewat pintu belakang bahkan tanpa sepengetahuan pemililk rumah dia bisa masuk begitu saja. Biasanya orang yang masuk lewat belakang dan tidak diketahui pemilik rumah dia memiliki maksud yang jahat, entah itu mau mencuri atau mengambil barang-barang yang ada di dalam rumah.

Backdoor memang program yang paling sering digunakan oleh para hacker untuk menyusup ke dalam komputer korban. Backdoor memiliki banyak kemampuan. Backdoor ini mampu melakukan remote control terhadap komputer yang sudah terinfeksi. Virus ini bisa mengambil data, menghapus data, mengirim dan menerima data. Bahkan pembuat virus ini bisa mereboot komputer korbanya. Saking bebasnya pembuat virus dalam mengontrol komputer lawanya inilah yang oleh sebagian orang jahat memanfaatkan keadaan ini. Biasanya mereka membuat jaringan kemudian menggunakanya untuk tujuan criminal.

tags: , , ,

Related For Malware yang Masuk Lewat Pintu Belakang