Mari Belajar Dari Motherboard Part 1 Socket

Friday, June 17th 2016. | Komputer
Sponsored Links
motherboard

motherboard

Banyak sekali konten dari komputerlamongan.com yang sudah dipublish yang membahas tentang komputer, baik dari hardware, software, maupun brainware. Mulai dari peripheral, perangkat eksternal maupun internal. Motherboard sebagai salah satu konten yang pernah dipublish oleh komputerlamongan.com masih memiliki banyak bagian yang mungkin masih belum banyak diketahui oleh orang awam.

Motherboard atau ada juga yang menyebutnya dengan mainboard adalah papan induk utama dari komputer dimana terdapat banyak komponen penting seperti prosesor, ram, vga, hardisk dan chip controller yang saling terhubung.

Dari setiap komponen yang terhubung tersebut, sering kali kita menemukan istilah kata socket, slot dan port. Apakah pengertian dari socket, slot dan port ? dan apa fungsi dari mereka ? definisi dari mereka sangat penting untuk diketahui terlebih lagi anda berencana ingin membangun atau merakit PC atau komputer pribadi. Ok, tidak usah berlama-lama lagi mari kita mulai pembahasanya sebagaimana pada konten dibawah ini.

Istilah pertama yang sering kita temui pada motherboard adalah socket. Socket erat kaitanya dengan prosesor karena socket adalah tempat dimana prosesor itu diletakan pada motherboard. Socket memiliki jenis yang bermacam-macam, setiap jenis hanya mendukung jenis processor tertentu contohnya adalah socket PGA 423, PGA 478 dan LGA 775 untuk prossesor Pentium IV. Socket LGA 1155 hanya mendukung jenis processor Intel Sandy Bridge dan Ivy Bridge seperti Intel Core i5-2500K (Sandy Bridge) dan Intel Core i7-3770K (Ivy Bridge). Jadi saat kita berencana merakit PC atau komputer sendiri maka pemilihan socket motherboard juga akan menentukan jenis prosesor yang akan digunakan pada komputer tersebut. Jika jenis socket tidak sesuai dengan prosesornya maka komputer juga tidak akan bisa dioperasikan.

socket prosesor

socket prosesor

Lalu kenapa socket prosesor itu berbeda-beda jenisnya? Socket prosesor dibuat berbeda karena beberapa hal sebagai berikut:

  • Teknologi yang digunakan

Teknologi prosesor selalu mengalami perkembangan dari masa ke masa baik dari segi kecepatan maupun fitur pendukungnya. Perubahan teknologi ini juga mensyaratkan penggunaan peripheral pendukung yang sesuai dengan prosesor. Peripheral seperti RAMdan chipset juga harus disesuaikan dengan prosesornya.

  • Kebutuhan tegangan dan arus

Setiap prosesor memiliki kebutuhan tegangan arus yang berbeda. Jika prosesor berjalan pada tegangan arus rendah maka akan membuat prosesor berhenti bekerja. Dan sebaliknya jika prosesor berjalan pada arus yang tinggi maka prosesor akan cepat panas dan rusak.

  • Perbedaan jumlah transistor

Prosesor terdiri dari jutaan transistor yang tertanam dalam ininya. Teknologi prosesor yang terbaru memiliki jumlah transistor yang lebih banyak dan ukuranya semakin kecil. Saat ini besar transistor prosesor antara 100-400 nm.

tags: , ,

Related For Mari Belajar Dari Motherboard Part 1 Socket