Mari Belajar Dari Motherboard Part 2 Slot

Friday, August 25th 2017. | Komputer
Sponsored Links

Pada konten “Mari Belajar Dari Motherboard” part 1 socket, kita sudah mengulas dengan detail topik tentang socket mulai dari pembahasan socket hingga jenis-jenis dari socket. Dari konten tersebut kita dapat mempelajari bahwa setiap jenis socket memiliki atau bisa digunakan pada jenis prosesor tertentu. Misal socket LGA LGA 775 yang digunakan untuk prosesor sekelas Pentium IV. Kemudian socket LGA 1155 hanya mendukung jenis processor Intel Sandy Bridge dan Ivy Bridge. Contoh dari prosesor sadny bridge dan ivy bridge adalah core i3 dan core i7.

Pemilihan socket tersebut selain menentukan jenis prosesor, juga akan menetukan peripheral atau perangkat hardware yang lain. Semakin canggih teknologi prosesor kemampuan dan fiturnya juga semakin meningkat. Sehingga peripheral yang dipilih juga harus disesuaikan dengan kecepatan prosesornya.

Pada motherboard, anda akan menemukan banyak slot-slot kosong yang seakan seperti sebuah rumah yang siap huni. Nah slot-slot tersebut nanti akan diisi oleh peripheral pendukung prosesor. Namun sebelum melangkah lebih jauh lagi membahas tentang slot-slot tersebut, mari kita mulai dari pengertian atau definisi dari slot.

motherboard

motherboard

Slot adalah tempat untuk menyisipkan perangkat tambahan atau peripheral pada motherboard biasanya berupa card, modul memory, atau sejenisnya. Pada motherboard terdapat beberapa slot seperti:

  • Slot AGP, adalah slot khusus untuk tempat menyisipkan kartu grafis AGP.
  • Slot PCI, adalah slot untuk tempat menyisipkan kartu tipe PCI. Saat ini hampir semua motherboard menggunakan slot tipe PCI ini. Peripheral seperti VGA card dan sound card sudah menggunakan PCI Express.
  • Slot ISA, adalah slot untuk tempat menyisipkan kartu tipe ISA. Saat ini sudah sulit ditemui karena slot ISA sudah tidak digunakan lagi pada produk-produk terbaru.
  • Slot DIMM, adalah slot untuk tempat menyisipkan modul memori tipe SIMM, misalnya SDRAM, DDR-SDRAM dan sejenisnya. Saat ini slot ini sudah mendukung RAM DDR3 yang lebih cepat dan murah daripada RAM DDR2. Selain itu RAM DDR3 jugalebih hemat daya dari pada RAM DDR2.
  • Slot SIMM, adalah slot untuk tempat menyisipkan modul memori tipe SIMM, misalnya EDO RAM. Slot ini juga sudah jarang ditemui, karena produk-produk saat ini lebih menggunakan slot DIMM.

Slot-slot diatas merupakan slot yang sering kali kita temui saat kita membeli perangkat komputer baru. semoga dengan penjelasan diatas anda bisa bermanfaat bagi anda. Namun, pembahasan mengenai “Belajar Dari Motherboard” ini masih belum selesai. Pada tulisan berikutnya akan dibahas “Belajar dari Motherboard Part3 port”.

tags: , ,

Related For Mari Belajar Dari Motherboard Part 2 Slot