Mari Cari Tahu Lebih Lanjut Sistem Operasi Komputer 32 Bit dan 64 Bit

Friday, July 1st 2016. | Blog, Komputer
Sponsored Links

Ketika dulu saya membeli komputer baru, saya membaca informasi spesifikasi dari motherboard yang support 64 bit. Saya yang saat itu masih belum tahu apa – apa tentang komputer alias newbie tidak begitu menganggap penting informasi tersebut yang penting komputer sudah di rumah dan bisa dioperasikan.

Setelah beberapa bulan sudah sedikit paham tentang komputer, saya melihat di system properties komputer saya. Dan sekali lagi saya menemukan informasi dari sistem operasi windows 32 bit. Saya jadi teringat informasi yang pernah saya baca dari spesifikasi motherboard saya. Saya dibuat bertanya – tanya tentang apa itu sistem operasi 32 bit dan 64 bit.cari tahu

Setelah mencari lebih lanjut tentang sistem operasi 32 bit dan 64 bit baik dari para ahli IT maupun dari internet akhirnya saya sedikit banyak sudah bisa lebih mengerti tentang keduanya.

Apa itu sistem operasi 32 bit dan 64 bit ?
secara garis besar, istilah 32 bit dan 64 bit mengacu pada kemampuan prosesor untuk menangani bit – bit informasi. Pada prosesor terdapat suatu tempat penyimpanan data sementara yang disebut Register yang fungsinya untuk mempercepat proses eksekusi suatu informasi. Bit menunjukan lebar register. Besarnya register ini juga berpengaruh terhadap pemanfaatan RAM. Prosesor 32 bit memiliki akses memori RAM yang terbatas yakni 4GB saja sedangkan pada prosesor 64 bit mampu mengakses memori RAM jauh diatasnya. Jadi prosesor 64 bit dapat bekerja lebih cepat dalam menangani tugas hingga dua kali lebih cepat dari pada 32 bit

Apa hubunganya prosesor 32 bit dan 64 bit dengan sistem operasi komputer?

Memilih prosesor juga menentukan sistem operasi yang akan digunakan. Hal ini dimaksudkan agar komputer memiliki kinerja yang maksimal. Contoh prosesor 64 bit dipasang dengan sistem operasi 64 bit juga. Prosesor 64 bit sebenarnya juga dapat dipasang sistem operasi 32 bit. Tetapi tidak demikian dengan prosesor 32 bit, prosesor tersebut hanya dapat dipasang dengan sistem operasi 32 bit saja.

Bagaimana mengetahui prosesor komputer support 32 bit atau 64 bit?

Tadi di atas sudah saya singgung sedikit tentang system properties. Nah, salah satu cara untuk mengetahui prosesor support 32 bit atau 64 bit adalah dari system properties tersebut.

Untuk dapat menuju sistem properties, dapat dilakukan dengan cara seperti dibawah ini :

Untuk windows 7 atau windows xp

  1. klik start
  2. klik kanan pada my computer
  3. pilih properties
  4. kemudian akan muncul jendela informasi seperti berikut:perbedaan-windows-32bit-64bit
  5. lihat pada keterangan System type, keterangan tersebut menunjukan kemampuan prosesor komputer untuk mendukung sistem operasi yang digunakan.

tags: , ,

Related For Mari Cari Tahu Lebih Lanjut Sistem Operasi Komputer 32 Bit dan 64 Bit