Mari Mengenal Aplikasi Pengolah Angka Bagian 3|OpenOffice Calc

Monday, October 24th 2016. | Aplikasi
Sponsored Links

Ada beberapa pertanyaan yang mencuat ketika konten yang berjudul “Mari Mengenal Aplikasi Pengolah Angka Bagian 1 dan 2” sudah di publish. Pertanyaan yang paling sering masuk adalah kenapa yang dibahas hanya Microsoft Office Excel? Padahal masih banyak aplikasi pengolah angka yang lain.

Sekedar catatan untuk para pembaca sekaligus untuk menjawab pertanyaan yang masuk, konten yang diangkat tidak hanya pada pembahasan macam-macam apklikasinya saja. Namun pada setiap konten juga dimaksudkan untuk membahas setiap aplikasi secara detail berdasarkan fitur-fitur baru yang diusungnya.

Tujuan pada tiap bagian konten membahasnya satu-persatu adalah agar mempermudah bagi para pengguna komputer dalam menambah wawasan tentang aplikasi pengolah data sekaligus bisa dijadikan referensi bagi pengguna untuk memilih aplikasi pengolah angka secara tepat.

Baiklah, langsung saja ke pembahasan aplikasi pengolah angka yang berikutnya yaitu OpenOffice Calc. OpenOffice merupakan aplikasi yang banyak juga dipakai oleh para pengguna komputer selain aplikasi Microsoft Office Excel.

OpenOffice Calc

OpenOffice Calc

Tidak seperti Microsoft Office Excel, OpenOffice Calc ini merupakan aplikasi pengolah angka yang sifatnya open source. Maksud dari open source adalah aplikasi ini bisa anda dapatkan secara gratis tanpa harus mengeluarkan uang untuk mendapatkanya.

Selain gratis, aplikasi ini juga dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi seperti windows, linux dan OS X. Aplikasi ini bisa di download secara gratis pada laman openoffice.org. Aplikasi OpenOffice Calc sudah termasuk dalam satu paket download OpenOffice.download

Versi terbaru dari aplikasi OpenOffice adalah OpenOffice 4.1.1. Dalam satu paket downloadnya sudah terdapat aplikasi yang lain seperti Writer, Impress, Draw, Base dan Math. Calc merupakan program spreadsheet yang menarik dan mudah untuk dipelajari. Selain tampilanya yang memikat, juga terdapat fungsi-fungsi tingkat lanjut yang komprehensif untuk penggunanya.

Berikut fitur-fitur dari Calc:

Teknologi DataPilot tingkat lanjut membuatnya mudah untuk mengambil data mentah dari basis data perusahaan; tabulasi silang, ringkasan, dan mengkonversinya menjadi informasi yang berarti.

Formula bahasa alami mengijinkan anda membuat formula menggunakan kata-kata, contoh penjualan – pengeluaran.

Tombol Intelligent Sum menyisipkan fungsi penjumlahan atau subtotal secara otomatis, tergantung dari konteks.

Panduan (Wizards) membantu anda dalam memilih dan menggunakan fungsi-fungsi spreadsheet tingkat lanjut.

Style dan Pemformatan membuatnya mudah untuk menerapkan opsi pemformatan sel yang fleksibel, termasuk merotasi isi, template, latar belakang, batas pinggir, dan banyak lagi. Anda bisa menjadi ahli dalam spreadsheet anda sendiri berkat templates dengan fungsi yang built-in, mengijinkan anda untuk berkonsentrasi pada pekerjaan nyata anda.

Scenario Manager mengijinkan analisa “bagaimana jika …” pada tingkat tombol, contoh : membandingkan profitabilitas untuk perkiraan penjualan tinggi / menengah / rendah.

Komponen solver CALC mengijinkan optimisasi penyelesaian masalah dimana nilai optimal dari sebuah sel pada spreadsheet harus dihitung berdasarkan batasan yang disediakan pada sel lain.

Mendukung pekerjaan secara kolaboratif pada spreadsheets dengan dukungan banyak pengguna pada CALC. Dengan melakukan sharing sebuah spreadsheet pengguna lain dapat dengan mudah menambahkan datanya pada spreadsheet. Pemilik spreadsheet dapat mengintegrasikan datanya dengan mudah cukup dengan beberapa klik saja. Kolaborasi ini membantu menghindari konflik selama pengeditan.

Simpan spreadsheets anda dalam format OpenDocument, standar internasional baru untuk dokumen perkantoran. Format berbasis XML ini berarti anda tidak terikat hanya pada CALC. Anda bisa mengakses dokumen anda dari sembarang perangkat lunak lain yang mendukung OpenDocument.

CALC versi 3.0 keatas mampu membaca dokumen .xlsx yang dibuat dengan Microsoft Office 2007 atau Microsoft Office 2008 untuk Mac OS X. Dengan hadirnya fitur pada Calc ini anda tetap bisa menggunakan spreadsheet Microsoft Excel atau menyimpan pekerjaan anda dalam forma Excel. Anda juga bisa menyimpanya sebagai portable document format atau .pdf. dengan kecanggihan fitur ini anda tidak perlu lagi memasang aplikasi tambahan untuk perangkat komputer anda.

Persyaratan sistem untuk menjalankan aplikasi OpenOffice 4.1

Microsoft Windows

  • Windows XP, Windows 2003, Windows 2012, Windows Vista, Windows 7, Windows 8, Windows 8.1
  • Memori RAM bebas 256 MB (memori RAM bebas yang direkomendasikan 512 MB)
  • Setidaknya terdapat 650 MB ruang Hardisk yang tersedia
  • 1024 x 768 pixel atau resolusi yang lebih tinggi dengan setidaknya 256 warna (16.7 juta warna yang direkomendasikan )

GNU/Linux (“Linux”)

  • Linux kernel versi 2.6 atau lebih tinggi, glibc2 versi 2.5 atau lebih tinggi
  • Memori RAM bebas 256 MB (memori RAM bebas yang direkomendasikan 512 MB)
  • 400 MB ruang Hardisk yang tersedia
  • X-Server dengan 1024 x 768 pixel atau resolusi yang lebih tinggi dengan setidaknya 256 warna (16.7 juta warna yang direkomendasikan )

OS X

  • OS X 10.7 (Lion) atau lebih tinggi
  • Intel Processor
  • Memori RAM bebas 512 MB
  • 400 MB ruang Hardisk yang tersedia
  • 1024 x 768 pixel atau resolusi yang lebih tinggi 16.7 juta warna

tags: , , ,

Related For Mari Mengenal Aplikasi Pengolah Angka Bagian 3|OpenOffice Calc