Mari Mengenal Teknologi Terbaru AMD Heterogeneous Queuing

Wednesday, November 30th 2016. | Hardware, Komputer
Sponsored Links
Prosesor AMD APU Series

Prosesor AMD APU Series

APU merupakan generasi terbaru dari prosesor canggih AMD. Prosesor ini mampu bekerja optimal sebagai Central Processing Unit (CPU) dan Graphic Processing Unit (GPU) sekaligus. Hal ini sudah dibutkitan melalui berbagai uji coba yang dilakukan terhadap aplikasi kelas atas. Dan AMD APU sukses dan menunjukan hasil yang menakjubkan.

Ada suatu rahasia besar yang menjadi kesuksesan APU mampu menjalankan tugasnya sebagai CPU dan GPU. Rahasia dibalik kesuksean APU adalah teknologi yang diusungnya. Teknologi seperti Heterogeneous System Architecture (HAS), HUMA (Heterogeneous Uniform Memory Access) dan ada satu lagi yang tidak terlewatkan adalah Heterogeneous Queuing (hQ).

Apa itu hQ dan apa kegunaanya ?

OK, mari kita jawab pertanyaan yang pertama dulu, apa itu hQ?

Melihat dari pembentukan namanya, kita sudah dapat menerka – nerka apa itu hQ. hQ adalah sistem atau metode antrian dalam APU yang mendukung teknologi HSA. Tugas hQ dalam APU adalah membuat CPU dan GPU memiliki tugas dan fungsi yang setara. Maksudnya CPU bisa memberikan tugas ke GPU begitu pula sebaliknya GPU bisa memberikan tugas ke CPU. Hasilnya, CPU dan GPU dapat bekerja lebih cepat karena setiap alur perintah berjalan secara dinamis.

Cara kerja hQhQ

Secara sederhana cara kerja dari hQ bisa digambarkan sebagai berikut. Ketika komputer menjalankan suatu aplikasi, aplikasi tersebut dapat mengirimkan perintah ke CPU atau GPU sesuai dengan kebutuhanya. Apbila perintah dari aplikasi tersebut perlu diproses di CPU terlebih dahulu maka CPU akan segera memprosesnya namun CPU juga bisa langsung mengirimnya ke GPU jika dibutuhkan. Begitu pula sebaliknya ketika proses pengolahan perintah berlangsung di GPU dan membutuhkan CPU maka dapat langsung dikirim ke GPU tanpa harus membuat perintah baru.

Hal ini berbeda dengan APU yang tidak menggunakan teknologi hQnot hQ

Pada komponen APU yang tidak menggunakan teknologi hQ, misal suatu aplikasi mengirimkan perintah ke CPU dan pada kondisi tertentu membutuhkan GPU maka CPU akan mengirimkan perintah tersebut melewati sistem operasi terdahulu sebelum ke GPU. Ketika GPU membutuhkan CPU, GPU tidak bisa mengirim perintah ke CPU pada kasus ini aplikasi harus meneruskan perintah tersebut dengan membuat perintah baru. inilah kelemahan APU yang tidak menggunakan teknologi hQ.

Kegunaan hQ

Berkat teknologi hQ ini, CPU dan GPU dalam APU memiliki fungsi yang setara. Perintah dari GPU ke CPU atau sebaliknya bisa berjalan lebih cepat dan arah yang dinamis. Karena proses pengolahan perintah yang menggunakan teknologi hQ bisa berjalan lebih cepat maka performa prosesor APU yang menggunakan teknologi hQ tentu hasilnya akan lebih baik.

tags: , , ,

Related For Mari Mengenal Teknologi Terbaru AMD Heterogeneous Queuing