Mau Tahu Sistem Pertahanan Keamanan Berlapis OS X Bagian 3

Wednesday, November 18th 2015. | Komputer, Software
Sponsored Links

Beberapa sistem pertahanan keamanan berlapis pada OS X sudah dibahas pada dua bagian konten terdahulu, masing-masing fitur keamanan bisa bersinergi melindungi keamanan data anda. Fitur Gatekeeper, sanbox, dan lain-lain yang pernah dibahas pada bagian yang terdahulu adalah merupakan sistem yang bisa anda konfigurasikan sesuai dengan keinginan anda. terdapat menu pilihan yang bisa anda sesuaikan pada jendela menunya.

Masing-masing mempunyai fungsi tersendiri dalam mempertahankan keamanan data anda termasuk beberapa sistem keamanan dibawah ini yang mempunyai tugas dan fungsi tertentu untuk mengamankan data anda:

Runtime Protection

Perlindungan runtime yang canggih dari segi teknis di OS X bekerja langsung di jantung Mac Anda untuk membantu menjaga keamanan sistem Anda. Dibangun langsung ke dalam prosesor, fitur XD (execute disable) membangun tembok yang kuat antara memori yang digunakan untuk data dan memori yang digunakan untuk perintah yang dapat dijalankan. Ini mencegah malware yang berusaha mengelabui Mac agar memperlakukan data dengan cara yang sama seperti program untuk membahayakan sistem anda.  Address Space Layout Randomization (ASLR) mengubah lokasi memori yang menyimpan bagian-bagian berbeda dari aplikasi.  Hal ini menyulitkan penyerang untuk menimbulkan bahaya dengan menemukan dan mengubah urutan bagian-bagian dari aplikasi agar melakukan sesuatu yang tidak seharusnya dilakukan. OS X membawa ASLR ke memori yang digunakan oleh kernel di jantung sistem operasi, jadi pertahanan yang sama bekerja di setiap level di Mac Anda.

Anti phishing

Phishing adalah sebuah bentuk serangan di mana pencuri online mencoba mendapatkan informasi sensitif seperti nama pengguna, kata sandi, dan detail kartu kredit dengan membuat situs web palsu yang mirip dengan situs dari perusahaan yang sah atau asli seperti bank atau situs jejaring social lainya.safari-anti-pishing

Teknologi anti-phishing di Safari dapat melindungi dari penipuan tersebut dengan cara mendeteksi situs web palsu. Dan jika anda mencoba mengunjungi situs yang mencurigakan, Safari akan menonaktifkan halaman tersebut dan menampilkan peringatan mengenai sifatnya yang mencurigakan.

Dengan fitur anti pishing ini, anda bisa menjelajah dunia maya dengan aman. Anda tidak perlu khawatir lagi data pribadi anda akan dicuri oleh pencuri online. Fitur ini hanya memberikan saran kepada anda dan yang memtutuskan untuk tetap mengunjungi atau tidak ada pada anda.

Mac Anda selalu waspada

File yang terlihat baik-baik saja yang diunduh lewat Internet bisa jadi berisi malware berbahaya yang sedang menyamar. Itulah sebabnya file yang Anda unduh menggunakan Safari, Mail, dan Pesan disaring untuk memastikan apakah berisi aplikasi. Jika file tersebut berupa aplikasi, OS X memberikan pesan pemberitahuan lalu memperingatkan ketika anda pertama kali membukanya. Anda kemudian bisa memutuskan apakah akan membuka aplikasi atau membatalkan membukanya. Dan jika file mengandung perangkat lunak yang dikenal berbahaya, OS X menawarkan untuk memindahkannya ke Tong Sampah.mac-selalu-waspada

File aplikasi yang menyamar biasanya memililki ekstensi dot exe (.exe) atau terkadang bisa pula menyamar sebagai plug in untuk browser anda. oleh karena itu, anda supaya lebih berhati-hati ketika mendownload setiap aplikasi, pastikan ukuran file yang didownload tersebut masuk akal, misal jika anda mendownload file game yang mestinya berukuran 100 Mb namun saat anda download ternyata file yang muncul hanya berukuran beberaka kilobyte maka bisa dipastikan file tersebut bukan file asli namun bisa jadi malware yang menyamar.

Incoming search terms:

  • Pertahanan komputer
tags:

Related For Mau Tahu Sistem Pertahanan Keamanan Berlapis OS X Bagian 3