Memasang Internet di Rumah dengan Modem USB

Saturday, April 18th 2015. | Internet, Tutorial
Sponsored Links

Memiliki PC atau Notebook di rumah meskipun sudah terdapat fitur konektivitas internet namun tidak semata – mata perangkat tersebut dapat langsung terhubung dengan internet. Kecuali kalau dirumah kamu terdapat WiFi hotspot atau dekat dengan lokai yang menyediakan koneksi internet gratis.

Jika tinggal di perkotaan, WiFi hotspot ini banyak tersebar di segala penjuru. Bahkan kini di beberapa sudut mini market pun juga sudah menyediakan layanan internet gratis. Di café, resotoran dan tempat lainya juga sudah di sediakan koneksi WiFi gratis tetapi biasanya untuk bisa tersambung kamu harus berada pada area penyedia internet tersebut.

Hal ini akan sangat berbeda jika kamu tinggal di pedesaan yang mungkin sinyal telepon pun juga masih kurang baik. Kalau pun ada BTS biasanya juga masih belum mendukung internet berkecepatan tinggi.

Lalu bagaimana cara memasang internet di rumah?

Sebenarnya ada beberapa cara untuk memasang internet di rumah. Cara yang pertama menggunakan sambungan kabel dari penyedia layanan internet dan yang kedua menggunakan USB modem.

Untuk cara yang pertama memang susah dilakukan apalagi kamu tinggal di pedasaan. Kabel internet dari penyedia layanan tersebut belum tentu menjangkau area pedesaan. Sebagai contoh di Gebangangkrik, salah satu desa yang berada di Kecamatan Ngimbang, kabel internet belum menjangkau area tersebut bahkan di kecamatan sekalipun kabel internet tersebut belum sampai disana.modem usb

Salah satu cara agar warga desa Gebangangkrik bisa tersambung dengan internet yaitu dengan cara memasang USB modem pada perangkat komputer yang mereka miliki di rumah.

Ada dua macam jaringan yang bisa digunakan dengan USB modem ini. Dua jaringan tersebut antara lain jaringan GSM dan CDMA. Sebagai bahan referensi jaringan GSM lebih baik dipilih karena lebih stabil kecepatanya bila dibandingkan dengan CDMA. Namun pada perkembanganya, jaringan CDMA yang sudah menggunakan teknologi EVDO telah mampu memberikan layanan yang stabil dan cepat seperti pada jaringan 3G GSM.

Ada beberapa syarat yang harus dipertimbangkan jika ingin memasang internet di rumah dengan modem USB seperti:

  1. Jangkauan internet dari ISP (Internet Service Provider) atau penyedia layanan internet
  2. Tariff dasar internet atau tariff paket internet
  3. USB modem yang berkualitas

Jika ketiga syarat di atas sudah dipenuhi maka selanjutnya kamu bisa berinternetan ria di rumah sendiri. tetap eksis dengan dunia maya dan tidak ketinggalan informasi terbaru yang berkembang saat ini.

tags: , ,

Related For Memasang Internet di Rumah dengan Modem USB