Memasang Kartu Grafis Komputer yang Benar

Thursday, March 26th 2015. | Tutorial
Sponsored Links

memasang vga yang benar

Memainkan game PC memang paling asyik dengan menambahkan kartu grafis ke dalam komputer. Kartu grafis ini memiliki peran yang sangat penting dalam proses pengolahan gambar yang kemudian ditampilkan pada layar monitor. Meskipun sebenarnya pada komputer sudah terdapat pengolah grafis atau VGA onbard namun kemampuan VGA onboard ini masih terbatas.

Umumnya motherboard komputer yang dijual di pasaran hanya memiliki VGA ukuran 256 MB. Untuk mencari motherboard dengan ukuran di atasnya juga cukup susah. Kalaupun ada harganya pasti sangat mahal. Oleh karena itu solusi terbaik adalah dengan menambahkan kartu grafis ke dalam komputer.amd_radeon_hd_7990_official

Memasang kartu grafis yang benar ke dalam komputer tidak boleh asal – asalan. Ada beberapa  hal yang perlu anda ketahui sebelum memasang kartu grafis. Beberapa diantara hal tersebut adalah :

  1. Pastikan model kartu grafis tersebut sosok dengan motherboard komputer. untuk melakukanya, lihat terlebih dahulu slot yang ada pada motherboard apakah sesuai dengan kartu grafis yang akan dipasang. Slot kartu grafis untuk motherboard saat ini umumnya menggunakan slot PCI express
  2. Pastikan kartu grafis tersebut memenuhi syarat untuk sistem. Misal apakah power supply cukup untuk memberikan daya ke kartu grafis tersebut. Beberapa kasus yang pernah terjadi ketika pengguna komputer menambahkan perangkat baru beberapa perangkat yang lain tidak terbaca atau terdeteksi oleh komputer hal ini bisa saja terjadi karena asupan arus listrik yang tidak cukup terhadap device tersebut.

Setelah semua dipastikan siap, kini anda bisa memasang kartu grafis ke dalam komputer. cara memasang kartu grafis komputer yang benar adalah sebagai berikut:

  1. Matikan komputer terlebih dahulu
  2. Pastikan tidak ada arus listrik yang mengalir. Bila perlu cabut kabel power supply dari stop kontak
  3. Pasang kartu grafis ke slot expansion
  4. Tekan kartu grafis tersebut dengan hati – hati sampai kartu grafis tersebut terkunci dengan sempurnavga to slot
  5. Sekedar tambahan, beberapa kartu grafis mengharuskan untuk menyambung kabel ke power supply. Namun beberpa kartu grafis yang lain tidak perlu melakukanya.
  6. Nyalakan kembali komputer.
  7. Perhatikan apakah kartu grafis sudah terdeteksi oleh komputer atau belum. Jika sudah terdeteksi, install driver kartu grafisnya.

Setelah berhasil memasang kartu grafis komputer yang benar, kini siap anda melibas game – game PC dengan lebih ringan dan bebas dari lag atau tearing pada game play anda.

Selamat mencoba.

tags: , ,

Related For Memasang Kartu Grafis Komputer yang Benar