Membuat Buku Catatan dengan Notepad

Monday, February 9th 2015. | Aplikasi, Tutorial
Sponsored Links

Masih nulis catatan di kertas? Nulis buku harian di buku catatan? Butuh buku setebal apa untuk membuat catatan bisnis atau pribadi anda? cara menulis catatan penting di buku ini termasuk cara lama. Nah, bagi anda pengguna komputer, ada cara yang lebih mudah untuk membuat catatan penting yang lebih praktis dan mudah untuk dipraktekan. Cara membuat catatan penting tersebut adalah dengan Notepad.

Apa itu Notepad?

Notepad adalah aplikasi komputer berfungsi sebagai media untuk mengubah suatu file atau kode sumber bebas serta mendukung berbagai bahasa pemrograman. File notepad biasanya berekstensi .txt, file notepad juga bisa digunakan untuk membuat file configuration setting berekstensi .ini, atau file setup information (berekstensi .inf), atau file – file dengan ekstensi lainnya.

Cara membuka Notepad

Notepad merupakan aplikasi bawaan dari operating sistem. Jadi aplikasi ini tidak perlu instalasi lagi. Untuk pengguna komputer windows, Notepad bisa dibuka dengan cara klik start > all program > accessories > Notepad. Atau bisa juga dengan klik start > search > ketikan “notepad”.

Setelah aplikasi Notepad berhasil dibuka, lalu untuk menjadikan notepad sebagai catatan harian adalah dengan cara ketik “LOG” ( tanpa tanda kutip ). Kemudian klik File > Save As. Beri nama Notepad tersebut sesuai dengan keinginan anda. pilih di lokasi dimana anda akan menyimpan notepad tersebut. Klik save untuk menyimpanya.

Setelah anda berhasil menyimpan file notepad tersebut, ketika anda membukanya anda akan mendapatkan tampilan atau keterangan mengenai waktu dan tanggal catatan tersebut dibuat. Berikut tampilan catatan harian dengan Notepad :catatan harian psg

Detail waktu dan tanggal yang diberikan pada Notepad memudahkan pengguna untuk mengingat kapan kejadian itu berlangsung. Misal dari tampilan gambar diatas, pada pukul 8 pagi, pada jam kerja vira izin belanja ke awam. Kejadian yang kedua terjadi gangguan internet pada jam kerja pukul 8 pagi.

Detail catatan tersebut memudahkan untuk melakukan monitoring terhadap setiap kejadian yang terjadi. Catatan ini bermanfaat bagi para manager khusunya untuk memanage laporan kejadian kantor.

Cukup mudah bukan? Tutorial ini sangat menyenangkan dan bisa langsung dipraktekan oleh newbie. Selamat mencoba dan buatlah catatan pribadimu dengan Notepad.

Incoming search terms:

  • Cara membuat notepad dilaptop
  • cara menggunakan notepad di laptop
tags: , ,

Related For Membuat Buku Catatan dengan Notepad