Mempelajari Sejarah Adobe Photoshop Bagian 1

Saturday, August 6th 2016. | Aplikasi, Blog, Multimedia, Software
Sponsored Links

adobe-photoshop

Mempelajari Sejarah Adobe Photoshop – Ada suatu nama yang sangat tidak asing lagi pada telinga kita yaitu Adobe Photoshop, terlebih lagi bagi kita si pecinta desain grafis. Software ini adalah salah satu aplikasi pengolah gambar bitmap yang sangat populer. Mungkin ada beberapa yang belum mengetahui tentang sejarah awal kehadiran Adobe Photoshop di dunia teknologi informasi, artikel kali ini akan dibahas ulasan tentang sejarah perkembangan Adobe Photoshop dari pertama hadir di dunia teknologi.

Adobe Photoshop atau juga biasa disebut Photoshop adalah perangkat lunak atau software editor citra yang dibuat oleh Adobe Systems yang dikhususkan untuk pengeditan foto/gambar dan pembuatan efek. Perangkat lunak atau software ini telah banyak digunakan oleh fotografer digital dan perusahaan iklan sehingga dianggap sebagai pemimpin pasar (market leader), dan bersama Adobe Acrobat dianggap sebagai produk terbaik yang pernah di produksi oleh Adobe Systems. Versi ke-9 disebut Adobe Photoshop CS2, versi ke-10 disebut Adobe Photoshop CS3, versi ke-11 disebut Adobe Photoshop CS4, versi ke-12 disebut Adobe Photoshop CS5, dan versi yang sekarang ini (ke-13) adalah Adobe Photoshop CS6.

Adobe Photoshop tersedia untuk Microsoft Windows, Mac OS X, dan Mac OS versi 9 ke atas. Dan juga Adobe Photoshop dapat digunakan oleh sistem operasi lain seperti Linux dengan bantuan perangkat lunak tertentu seperti CrossOver.

Sejarah di mulai dari sini

Glenn Knoll yaitu nama seorang professor dari Michigan (Amerika Serikat). Pada tahun 1987 beliau membuat sebuah eksperimen untuk mengolah foto secara digital. Dengan menggunakan alat seadanya, sang professor bekerja keras di ruangan gelap miliknya pribadi. Beliau memiliki dua orang anak, masing-masing bernama John Knoll dan Thomas Knoll. Cita-cita yang dimiliki ayahnya (Glenn Knoll) untuk membuat sebuah program pengolah gambar secara digital diteruskan oleh kedua anaknya tersebut.

Pada tahun 1990, Photoshop versi pertama dirilis oleh Adobe. Versi awal Photoshop yang diberi nama “Knoll Software” dirilis sebelum kerjasama dengan Adobe resmi dibuat. Photoshop versi pertama ini berukuran 1.4MB.

Lebih jauh, aplikasi Photoshop 0.63 lengkap dengan manual online dapat disimpan dalam disket dan bahkan masih menyisakan 200kb di dalam “disk space” bebas. Walaupun pada awalnya Photoshop dirancang untuk menyunting gambar untuk cetakan berbasis kertas Photoshop yang ada saat ini juga dapat digunakan untuk memproduksi gambar untuk WWW (World Wide Web). Beberapa versi terakhir juga menyertakan aplikasi tambahan Adobe ImageReady untuk keperluan tersebut.

Silahkan membaca Mempelajari Sejarah Adobe Photoshop Bagian 2.

tags: , ,

Related For Mempelajari Sejarah Adobe Photoshop Bagian 1