Memperkenalkan Komputer untuk Anak – Anak

Wednesday, August 3rd 2016. | Komputer
Sponsored Links

Jenjang usia anak antara balita hingga anak usia SD adalah masa di mana anak ingin tahu segala sesuatu. Acap kali anak bertanya ini itu kepada orang tuanya hingga kadang – kadang mempekakan telinga. namun kondisi demikian haruslah ditanggapi dengan positif oleh orang tua agar memori otak si anak juga semakin berkembang. Jangan sampai orang tua membatasi anak untuk mengenal hal baru karena sikap demikian malah akan membuat si anak menjadi pribadi yang suka minder dan memiliki pola pikir yang sempit.

Anak – anak biasanya suka dengan dunia imajinasi baik imajinasi yang diciptakanya sendiri maupun imajinasi dari sebuah proyeksi. Salah satu contohnya adalah imajinasi yang dihasilkan dari gambar foto, video, siaran TV atau objek – objek yang terlihat pada layar monitor. Untuk satu hal ini (gambar yang nampak pada layar monitor) tidak ada salahnya juga diperkenalkan pada anak – anak.Computer for Kids

Memperkenalkan komputer untuk anak – anak juga bisa menjadi hal yang positif bagi anak apalagi di zaman sekarang ini komputer telah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat modern. Memperkenalkan komputer untuk anak ini bahkan juga menjadi tren bagi orang tua di Singapura agar anak mereka tidak ketinggalan zaman.

Memperkenalkan komputer untuk anak – anak dapat dimulai dari :

  1. Memperkenalkan bagian – bagian komputer beserta fungsinya

Komputer merupakan satu kesatuan unit yang bersinergi sehingga mampu menjalankan perintah yang dimasukan untuk menghasilkan output yang diinginkan. Misal ingin menggerakan kursor maka mouse sebagai peripheral out putnya harus digerakan agar kursor dapat berpindah sesuai dengan keinginan.

Memperkenalkan bagian – bagian komputer beserta fungsinya seperti:

  • Keyboard untuk mengetikan karakter huruf
  • Mouse untuk menggerakan kursor
  • Monitor untuk menampilkan gambar
  • CPU bagian utama komputer
  • Speaker agar komputer dapat mengeluarkan suara
  • Webcam untuk menjepret foto atau video
  • Stavolt untuk menyeimbangkan arus listrik ke dalam CPU

 

  1. Bagian yang boleh di pegang dan yang tidak boleh di pegang

Setelah memperkenalkan komputer untuk anak, orang tua sebaiknya juga memberikan arahan agar anak juga mengetahui komponen mana dari komputer yang boleh dipegang dan mana yang tidak boleh dipegang. Mengingat komputer juga merupakan alat elektronik yang menggunakan sumer listrik untuk mengoperasikanya.

Contoh bagian komputer yang tidak boleh di pegang adalah port – port yang terdapat pada CPU baik port USB maupun port – port yang lain. Hal ini sangatlah penting dalam memperkenalkan komputer untuk anak agar mereka juga lebih aman dari kejutan listrik yang setiap saat bisa terjadi bila mereka memegang port – port tersebut.

Selain port, bagian lain yang harus dihindari oleh anak – anak adalah stavolt. Stavolt merupakan bagian dari komputer yang berhubungan langsung dengan arus listrik utama sehingga sangat bahaya apabila anak – anak bermain dengan stavolt.

Untuk komponen yang lain seperti mouse dan keyboard tentu aman bagi anak asal mereka tidak mencoba untuk memakanya.

Demikian tips memperkenalkan komputer untuk anak – anak. Semoga tips ini bisa bermanfaat bagi orang tua dalam memperkenalkan komputer untuk anak – anak.

tags: , ,

Related For Memperkenalkan Komputer untuk Anak – Anak