Mempersenjatai Komputer Dengan Antivirus Lokal, Smadav

Tuesday, February 2nd 2016. | Blog, Software
Sponsored Links
Tampilan Smadav 9.6

Tampilan Smadav 9.6

Smadav, siapa yang tidak kenal dengan salah satu jenis antivirus local ini? hampir di semua perangkat komputer atau laptop sering kali ditemui antivirus ini. Dengan lambang segitiga hijaunya yang menunjukan ciri khas dari Smadav. Lambang atau icon dari Smadav ini cukup mudah untuk diingat pengguna komputer.

Smadav adalah antivirus untuk proteksi tambahan komputer Anda, proteksi total USB Flashdisk, dan pembersihan tuntas virus yang menyebarluas.

Selain mampu melakukan proteksi terhadap Drive anda antivirus Smadav ini juga mampu melindungi USB flashdisk anda. USB Flashdisk merupakan media penyimpanan yang menjadi favorite bagi para virus atau program jahat dalam menggandakan dirinya.

Smadav juga telah berkembang dari tahun ke tahun. Perkembangan yang para founder lakukan adalah untuk memberikan perlindungan total terhadap data komputer penggunanya. Perkembangan yang dilakukan oleh Smadav juga dipengaruhi oleh faktor perkembangan virus. Virus komputer ini setiap saat selalu berubah dan berkembang. Walaupun dari mereka sebenarnya adalah virus jenis lama yang sudah dimodifikasi seperti jenis dari malware yang dirubah oleh pembuatnya menjadi virus dengan nama yang baru. Meskipun demikian pola dari seranganya masih sama dengan bentuk aslinya.

Sebagai contoh virus Dinihou yang merupakan virus VBS. Tipe serangandari virus ini adalah Trojan dan backdoor. Trojan mampu memodifkasi data komputer korban dan backdoor mampu masuk dan bersarang dikomputer tanpa sepengetahuan pemilik komputer.

Dengan memasang Smadav diperangkat komputer anda, diharapkan komputer akan lebih terproteksi dari segala ancaman virus yang bisa mengcopy data, mengambil data, menghapus data, dan lain sebagainya terhadap data komputer anda.

Smadav yang terbaru adalah Smadav 2014 Rev 9.9. Smadav ini merupakan penyempurnaan dari versi pendahulunya seperti Smadav 2014 Rev 9.8, 9.7 dan lain-lain. Beberapa perbaikan yang diberikan pada Smadav 2014 Rev 9.9 adalah perbaikan update otomatis Smadav Pro “Installation Not Found”, Penambahan database 332 virus baru, Penambahan deteksi virus shortcut pada USB, Penyempurnaan metode blacklist Smadav Pro tidak orisinil dan lain sebagainya.

Ada empat fungsi utama dari Smadav:

Proteksi tambahan untuk komputer Anda yang 100% kompatibel dengan antivirus lainnya

Smadav mampu dipasang beriringan dengan antivirus yang lain, karena sifatnya sebagai antivirus tambahan. Dengan perpaduan antara antivirus Smadav dan antivirus yang lain maka perlindungan komputer andaterhadap ancaman dari virus semakin lebih baik lagi.

Best USB Antivirus (Proteksi Total USB Flashdisk)

Misi Smadav adalah 100% tidak ada lagi infeksi virus dari flashdisk. Smadav mempunyai cukup banyak signature virus yang menginfeksi flashdisk, dan mempunyai kemampuan khusus untuk mendeteksi virus baru di flashdisk walaupun belum ada di database Smadav. Tidak hanya pencegahan, Smadav juga mampu membersihkan virus yang menginfeksi dan mengembalikan file yang disembunyikan virus di USB Flashdisk tersebut.

Best for offline use (tidak perlu update terlalu sering)

Smadav tidak terlalu tergantung pada signature/database virusnya, tapi lebih bergantung kepada teknik deteksi behavior, heuristic, dan whitelisting. Jadi untuk updatenya bisa dilakukan satu bulan sekali.

Cleaner dan tools untuk membersihkan virus

Smadav mampu membersihkan virus yang sudah menginfeksi komputer dan memperbaiki registry yang diubah oleh virus. Banyak tools pendukung yang disertakan di Smadav sebagai senjata untuk melakukan pembersihan virus. Namun tidak semua tipe virus bisa dibersihkan oleh Smadav, saat ini Smadav masih belum mampu membersihkan tipe virus penginfeksi program atau tipe rootkit misalnya virus Ramnit, Sality, Alman, Virut, dan lain-lain karena jenis virus ini sudah merusak sebagian besar file program Anda. Fokus Smadav saat ini adalah pembersihan tuntas untuk tipe virus selain dua tipe tersebut misalnya virus WormShortcut, Serviks, MSO, Brontok, dan lain sebagainya.

tags: , ,

Related For Mempersenjatai Komputer Dengan Antivirus Lokal, Smadav