Ayoo Pertajam Tentang Modem!!

Friday, July 22nd 2016. | Aksesoris, Internet
Sponsored Links

jeen

Dengan kita mempelajari dan memahami pengertian modem, jenis-jenis modem dalam sebuah jaringan atau koneksi serta memahami fungsi-fungsi modem. Salah satu perangkat yang fungsi utamanya digunakan untuk menyambungkan komputer atau laptop ke internet dengan kata lain komputer kalau tidak ada modem tidak akan pernah bisa tersambung ke internet. Perangkat ini telah menjadi peranan penting di dalam Sejarah perkembangan komputer di seluruh dunia, sebab apabila tanpa perangkat ini komputer selama ini tidak akan pernah bisa tersambung ke internet, tetapi dengan perkembangan teknologi sampai sekarang ini terlihat fungsi modem mulai tersaingi dengan kemunculan WIFI atau Wireless Fidelity.

Pada tahun 1977 Dennis C. Hayes yang pertama kali menemukan perangkat ini dan pada saat itu modem hanya digunakan untuk Personal Computer atau sering disebut PC dan sampai saat ini terus mengalami perkembangan, lebih-lebih berkembang dengan cepat. Sedangkan Modem sendiri kepanjangan dari Modulator-Demodulator, modulator adalah bagian yang mengubah sinyal informasi kedalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan adapun pengertian dari demodulator ialah bagian yang memisahka sinnya informasi (data atau pesan) dari sinyal pembawa yang di terima sehingga informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Perangkat ini termasuk penggabungan dari modulator dan demodulator dengan yang diartikan alat komunikasi dua arah.jeje

Adapun fungsi dari Modem secara garis besar adalah sebagai berikut :

Mengoreksi Error : Peran modem dalam mendeteksi error yang dalam arti apakah informasi yang diterima telah rusak atau belum. Modem akan melabelkan masing-masing frame dengan checksum sebelum mengirim informasi ini. Adapun checksum merupakan metode memeriksa redundansi dalam menyajikan data pada komputer. Setelah modem menerima informasi akan langsung memeriksa apakah informasi tersebut sesuai dengan checksum yang dikirim oleh masing-masing modem. Informasi tersebut akan dikirim kembali apabila terjadi kegagalan dalam mencocokkan dengan checksum yang dikirim.

Mengompresi Data : Modem akan melakukan ini bersama dalam satuan bit yang dikirim untuk pengompresan data bit tersebut dikelompokkan bersama oleh modem.

Flow Control : Perangkat ini mempunyai beberapa variasi yang berbeda dalam kecepatan pengiriman sinyalnya, pada saat mereka saling bertukar data dengan itu akan menjadi masalah. Saling menyesuaikan kecepatan baik menerima ataupun yang mengirim data dikarenakan dengan adanya flow control ini sehingga tidaka akan terjadi overload.

Modem dapat dibagikan menjadi dua berdasarkan pemasangan pada komputer dan letaknya jenis-jenis modem , yaitu :

Modem Internal

Adalah modem yang bentuknya mirip dengan LAN card yang kita pasangkan pada salah satu slot komputer dan memakai power supply dari PC. Letak dari modem ini di dalam CPU langsung tertancap ke motherboard.

Modem Eksteral

Pengertian dari modem ini ialah modem yang terletak di luar CPU komputer. Modem ini langsung terhubung ke komputer melalui port com atau USB. Adapun cara pemasangan modem ini yaitu, dengan cara menghubungkan modem ke power dan di hubungkan lagi ke adaptor lalu terakhir sambungkan.

jenis modem

tags: , ,

Related For Ayoo Pertajam Tentang Modem!!