Menambah Kapasitas RAM dari Hardisk

Sunday, April 3rd 2016. | Tutorial
Sponsored Links

Newbie, tahukah kamu bahwa di dalam komputer terdapat dua jenis hardware atau perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data. Namun kedua perangkat tersebut memiliki sifat yang sangat berbeda? Perangkat keras apakah yang dimaksud? Memori RAM dan Hardisk.

Yah, betul. Memori RAM dan Hardisk keduanya berfungsi untuk menyimpan data pada komputer namun keduanya memiliki sifat yang berbeda. Memori RAM  dapat menyimpan data hanya jika ada aliran listrik yang mengalir. Kemudian jika aliran listrik tersebut dimatikan, maka memori data yang tersimpan di dalamnya akan ikut hilang. Kondisi seperti ini biasa disebut memori sementara.

Sedangkan Hardisk merupakan memori utama dimana tempat semua file tersimpan. Baik data pribadi maupun data program semuanya tersimpan pada hardisk. Data yang tersimpan di dalam hardisk tidak akan hilang meskipun aliran listrik dimatikan. Data yang tersimpan di dalamnya akan terus tersimpan dan akan hilang jika terjadi beberapa kemungkinan, karena virus, karena dihapus sendiri oleh pemiliknya atau file tidak tersimpan seutuhnya karena banyak bad sector.

Memori RAM pada komputer lebih dimaksudkan untuk membantu kinerja komputer. fungsi utamanya adalah untuk mempercepat pemrosesan data. Semakin besar kapasitas RAM maka data yang diproses bisa lebih banyak dan cepat. Untuk mengetahui kerja dari RAM dapat dilihat pada task manager. Disana akan ditampilkan grafik kerja dari RAM saat aktivitas pemrosesan data sedang berlangsung dan juga kapasitas RAM yang digunakan dan RAM yang tersedia untuk pemrosesan data.

task manager

task manager

Newbie, yang komputernya memiliki kapasitas RAM yang kecil dapat menambahkan lagi RAM baru pada slot yang masih tersedia di motherboard. Namun harga RAM dipasaran juga bervariasi tergantung merk dan kapasitasnya. Newbie tidak perlu khawatir karena sebenarnya ada cara untuk menambah kapasitas RAM dengan mudah.

Caranya adalah dengan mengalokasikan memori yang ada pada hardisk sebagai kapasitas tambahan untuk RAM. Caranya sebagai berikut :

  1. Klik kanan pada My computer
  2. Klik properties
  3. Pilih tab advanced

    menambahkan RAM

    menambahkan RAM

  4. Pada Performance pilih setting
  5. Pada performance options pilih advanced
  6. Pada menu virtual memory pilih change
  7. Kemudian akan ditampilkan pilihan beberapa drive. Newbie bisa memilih pada drive mana virtual memory baru akan ditambahkan.
  8. Tentukan besar kapasitas yang ingin ditambahkan.
  9. Jika sudah selesai klik OK
  10. Komputer akan minta untuk restart. Pilah restart supaya perubahan atau penambahan memory bisa dirasakan perbedaanya.

Catatan : meski kapasitas RAM sudah ditambahkan namun perubahan ini tidak akan bisa sebaik seperti menambahkan RAM. Namun menambahkan RAM dari Hardisk cukup membantu untuk beberapa pemrosesan data supaya lebih cepat. Selamat mencoba.

Incoming search terms:

  • manambah ram dari hardisk
  • Menambahkan kapasitas ram menadi besar dan bervariasi
  • menambaj kapasitas memory dengan hardisk
tags: , ,

Related For Menambah Kapasitas RAM dari Hardisk