Menentukan Konfigurasi PC

Saturday, February 13th 2016. | Hardware, Komputer
Sponsored Links

PC

 

Kali ini penulis akan coba membantu anda dalam menentukan konfigurasi PC computer desktop.

Hal pertama yang harus anda pertimbangkan adalah anggaran, berapa anggaran yang anda siapkan untuk merakit atau membeli computer dan spesifikasi maksimum , seperti apa yang anda dapatkan. Hal berikutnya yang perlu di pertimbangkan adalah persyaratan minimum yang anda inginkan, spek PC desktop seperti apa yang anda sangat butuhkan saat ini. Dua hal inilah yang menjadi pertimbangan utama dalam merakit sebuah komputer, menemukan keseimbangan yang baik antara performa dan harga. Setelah anda menentukan anggaran yang akan digunakan, anda juga harus menentukan aspek kinerja desktop tersebut, apakah ke dalam grafik? Kapasitas penyimpanan yang besar? Atau kecepatan pemrosesan data? Dan hal tersebut kembali didasarkan pada apa persyaratan minimum PC yang anda inginkan. Anda harus benar-benar memahami komponen yang di butuhkan untuk memenuhi spesifikasi PC yang sesuai dengan keinginan anda dan mana komponen yang tidak terlalu di butuhkan sehingga anda tidak mudah tertipu oleh casing yang menarik atau harga yang murah.

 

Persyaratan kinerja desktop yang anda inginkan akan sangat bergantung pada bagaimana anda menggunakan komputer tersebut nantinya. Kategori jenis PC sangatlah luas, sehingga disini akan coba di ringkas menjadi 3 kategori saja.

  • Yang pertama jenis desktop yang digunakan untuk bekerja. Untuk jenis komputer ini di butuhkan menjalankan berbagai program yang berbeda sekaligus atau memungkinkan multi-tasking dan memiliki koneksi internet yang handal. Operating system untuk komputer jenis ini di sarankan menggunakan OS terbaru yang memiliki fungsi optimal untuk mendukung kerja anda. Kapasitas RAM juga diperhatikan walaupun kapasitasnya dapat kita tambahkan pada masa mendatang. Di sisi lain untuk komputer jenis ini tidak memerluakn kartu grafis atau system suara high-end. Persyaratan minimu untuk komputer Janis ini adalah prosesor yang cepat (diatas 2 ghz), operating system yang memiliki aplikasi office yang memadai dan beberapa tambahan RAM.
  • Kategori lain adalah PC yang digunakan secara teratur atau biasa disebut PC “family”. Jenis PC ini adalah yang dapat memenuhi kebutuhan semua orang, mengerjakan pekerjaan sekolah, chatting, bermain game dan dokumen bisnis. Dalam kasus seperti ini maka sebaiknya anggaran diutamakan pada kecepatan pemrosesan data, kartu grafis, hard drive, RAM dan juga system suara. Media pemutar cajram juga di perlukan untuk jenis PC ini seperti halnya diperlukan monitor yang baik untuk kenyamanan menonton film atau melihat foto dari kamera digital anda.
  • Jenis yang terakhir adalah PC gaming yang dapat memainkan semua game terbaru, di sini terjadi pergeseran prioritas ‘kekuatan ‘ PC. PC jenis ini akan memerlukan prosesor kelas atas dan banyak RAM exstra. Untuk operating system tidaklah harus terbaru serta tidak memerlukan ruang penyimpan yang terlalu besar.

 

Demikian, mudah-mudahan bias bermanfaat bagi pembaca sekalian.

tags: , , ,

Related For Menentukan Konfigurasi PC