Mengatasi Blue Screen Dengan Mudah Serta Penyebabnya

Friday, March 20th 2015. | Blog, Hardware, Komputer, Software, Tutorial
Sponsored Links

bluescreen

Apa yang terjadi jika kalian mengalami atau menjumpai seperti yang ditunjukan pada gambar di atas? Pastinya sebagian besar dari kalian ada yang kebingungan ketika menjumpai hal tersebut. Sudah dipastikan bahwa para pengguna Windows akan pernah mengalami seperti hal diatas.

Ya, tampilan biru yang muncul secara tiba-tiba pada layar komputer atau laptop anda yaitu bernama Blue screen atau biasa juga disebut dengan Blue Screen Of Death (BSOD). Blue Screen terjadi adanya konflik atau crash yang dialami oleh software atau hardware pada komputer sehingga pada sistem Windows terjadi kesalahan fatal yang mengakibatkan Blue Screen.

Para pengguna sistem Windows pasti akan sangat terganggu dengan munculnya Blue Screen dan akan membuat para pengguna sangat kesal apabila Blue Screen sering terjadi. Terlebih lagi apabila kita sedang menggunakan laptop untuk bekerja kemudian terjadi Blue Screen, semua data yang telah kita kerjakan ada kemungkinan akan hilang. Maka pilihan yang harus diakukan ketika Blue Screen hanyalah Me-restart atau mematikan komputer secara manual langsung.

Terjadinya Blue Screen ada beberapa Sebab

Sebab terjadinya konflik ataupun crash terhadap driver atau pada sistem Windows ada file yang mengalami kerusakan itu adalah hal yang kemungkinan menyebabkan terjadinya Blue Screen Of Death. Hal lain yang mengakibatkan terjadinya Blue Screen adalah tidak sesuianya pemasangan hardware pada komputer. Dan juga tidak supportnya software yang instalasi dengan sistem Windows akan mengakibatkan crash terhadap sitem sehingga akan terjadi Blue Screen.

Cara untuk mengatasi Blue Screen

  1. Melakukan System Restore

Blue Screen yang biasanya terjadi disebabkan oleh terjadinya software, akan mudah diperbaiki dengan cara ini. Dan juga cara ini juga disarankan bagi kalian yang baru pertama kali mengalami Blue Screen. Lebih baiknya kalian melakukan cara System Restore ini sehingga akan kembali pada keadaan sebelum terjadi Blue Screen. Caranya klik Start > All Programs > Accessories > System Restore> dan klik System Restore, lalukan restore sistem.

  1. Periksa Hardware

Ketika kegagalan hardware terjadi pada komputer akan mengakibatkan terjadinya Blue Screen. Untuk memeriksa hardware dengan cara: pada Start Menu ketikan Memory Diagnostics Tool. Atau juga bisa memeriksanya dengan cara manual, lihat penempatan atau pemasangan hardware sudah benar atau belum.

  1. Install Update Driver

Crash juga akan terjadi jika ada Driver yang salah install atau belum di update. Untuk memperbaiki Blue Screen kalian bisa mendownload Driver terbaru yang sudah disediakan oleh perusahaan komputer atau laptop kalian.

  1. Men-scan Malware

Sistem Windows akan tidak stabil disebabkan malware yang menembus jauh kedalam Windows. Untuk itu cara mengatasi hal ini adalah dengan cara melakukan Scan Antivirus terhadap Malware.

  1. Repair atau Instalasi Ulang Windows

Cara ini adalah pilihan terkahir jika emang benar-benar cara diatas tidak menghasilkan perubahan apapun atau tetap saja komputer mengalami Blue Screen. Dengan cara ini otomatis sistem akan memulai dari awal dan tidak ada kerusakan. Jika masih terjadi Blue Screen maka sudah pasti disebabkan oleh masalah pada Hardware.

Demikian ulasan artikel tentang Mengatasi Blue Screen Dengan Mudah Serta Penyebabnya. Semoga berhasil, bermanfaat dan terimakasih atas kunjungannya.

Incoming search terms:

  • penyebab blue screen pada iphone
  • gambar blue screen dan penyebab nya
tags: , , , , ,

Related For Mengatasi Blue Screen Dengan Mudah Serta Penyebabnya