Mengatasi Not Responding pada Komputer

Thursday, January 14th 2016. | Tutorial
Sponsored Links

Sibuk dengan pekerjaan atau saat sedang asyik bermain game di depan komputer merupakan kegiatan pribadi yang benar – benar tidak ingin di ganggu oleh siapapun. Namun bila gangguan malah berasal dari komputer sendiri, apa jadinya? Marah – marah dengan komputer juga tidak ada pengaruhnya juga tidak ada perubahanya.not respond

“not responding” merupakan salah satu pengganggu yang sangat membuat waktu di depan komputer terasa begitu menyebalkan. Menunggu program yang berjalan untuk merespon atau menunggu program yang hendak dijalankan berjalan terkadang juga membutuhkan waktu yang cukup lama sehingg membuat bosan atau jenuh.

Bagi pengguna komputer yang pernah mengalami “not responding” dengan program yang sedang dijalankanya, ada baiknya pengguna mengetahui penyebab komputer mengalami kegagalan membuka program. Penyebab “not responding” bisa dikarenakan pengguna terlalu banyak membuka program atau aplikasi sehingga komputer bekerja terlalu berat. Penyebab juga bisa datang dari program lain yang mengalami crash sehingga program tersebut gagal dibuka.

Masalah “not responding” sering kali terjadi apabila pengguna membuka program yang memerlukan kinerja prosesor yang tinggi dan memori RAM yang cukup besar. Misal pengguna menjalankan game yang berat ketika saat sedang bekerja online. Kinerja prosesor saja untuk dapat menjalankan game tersebut sudah ekstra keras begitu pula memori RAM yang harus ikut mendukung prosesor untuk menjalankan game tersebut juga akan terkuras sekian Megabyte bahkan hingga Gygabyte.

Jika hal demikian tetap dipaksakan untuk berjalan, bukan hanya program yang akan mengalami “not responding” namun juga bisa terjadi kerusakan pada perangkat keras seperti prosesor, memori RAM, perangkat keras pengolah grafis bahkan hardisk.

Untuk mengatasi masalah “not responding” dapat pengguna lakukan seperti langkah-langkah dibawah ini:

  1. Klik tombol Start
  2. Run
  3. Ketik “regedit” (tanpa tanda kutip). Regedit digunakan untuk membuak jendela registry windows
  4. Setelah jendela registry windows muncul, cari HKEY_USERS/.DEFAULT/Control Panel/Desktop
  5. Cari AutoEndTasks kemudian klik dua kali
  6. Ubah nilainya dengan cara memasukan angka 1 pada Value Data
  7. Komputer akan secara otomatis mematikan program yang “not responding” jika masalah tersebut terjadi sewaktu – waktu.

Cara untuk merubah registry harus dilakukan secara hati – hati agar tidak merusak registry yang lain. Cara ini cukup mudah dan bisa dilakukan sendiri bahkan tanpa bantuan software. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

tags: , ,

Related For Mengatasi Not Responding pada Komputer