Mengenai Pemahaman Arti dari URL Website

Monday, December 1st 2014. | Internet
Sponsored Links

Dalam pemahaman dari URL website, akan lebih baiknya bila mengetahui arti dari URL terlebih dahulu. URL disini merupakan singkatan dari Uniform Resource Locator. Dan pengertian dari URL sendiri adalah suatu rangkaian atau sederetan karakter yang menuruti suatu format standar tertentu, yang mana tujuannya adalah untuk menunjukan suatu alamat sebuah sumber atau situs, baik secara dokumen ataupun gambar pada internet.

URL website (Alamat Web)

URL website (Alamat Web)

URL juga bisa diartikan sebagai sebuah reka baru atau dengan kata lain adalah sebuah inovasi dasar bagi suatu perkembangan sejarah internet. URL tersebut tidak muncul dengan sendirinya, akan tetapi pastilah ada yang menciptakannya, dan pencipta itu bernama Tim Berners-Lee, yang menciptakan URL pada tahun 1991. Nah, tujuannya dalam menciptakan URL sendiri adalah agar para penulis-penulis atau yang mengetik sebuah dokumen tersebut dapat dengan mudah merujuk sebuah hyperlink atau pranala ke dalam bentuk WWW atau World Wide Web.

URL adalah suatu program tempat kita dapat mencari alamat sebuah situs atau dokumen / dengan kata lainnya adalah mencari alamat halaman web atau homepage, yang mana adalah suatu halaman atau suatu program yang ingin dikunjungi atau ditampilkan. Memahami arti dari URL website merupaka bagian yang penting begitu juga tata cara untuk memasukkan sebuah alamatweb tertentu, dan pada umumnya ada 3 cara informasi atau unsure untuk masuk ke alamat sebuah web.
yaitu dengan memasukkan :

  1. Protokol.
  2. Alamat Server.
  3. Path File.

Pada bab mengenai pemahaman URL website terdapat 3 unsur utama seperti yang sudah disebutkan diatas untuk menuju alamat web tertentu yang akan kita tuju. Dalam 3 unsur ini digunakan agar tidak asal-asalan, dan juga merupakan suatu tata cara dalam penujuan alamat atau address web tertentu. Nah, penjabaran dari ketiga unsur tersebut, silahkan di fahami pada penjelasan dibawah ini.

  1. Yang pertama adalah “Protocol”.
    Arti dari protocol disini adalah suatu aturan yang mana membimbing sebuah aktifitas yang akan dilakukan. Nah, protocol disini adalah suatu informasi menuju alamat yang akan dituju. Yaitu dengan menggunakan informasi http:// atau dengan menggunakan https://. Dan bagian ini protocol diartikan sebagai bentuk persetujuan bersama yang mana digunakan dengan tujuan untuk dapat berkomunikasi dengan Hypertext Transfer Protocol.
  2. Yang kedua ini adalah Alamat Server.
    Alamat Server ini merupakan informasi digunakan untuk menuju alamat yang akan ditampilkan, dan alamat server ini juga menunjukan dimana sumberdaya itu terletak. Disini saya ambil contohnya saja seperti alamat www.blogger.com itu merupakan alamat menuju tempat pembuatan atau sign in ke dalam blog kita.
  3. Bagian ketiga ini adalah path file.
    Path file digunakan untuk menuju alamat file yang dituju, dan biasanya terdiri dari drive yaitu tempat dimana file berada, lalu terdapat direktori yang digunakan, kemudian subdirektori yang ada pada file tersebut, dan file name yang dicari, disini ane buka contoh seperti C:\ WINDOWS\system 32\calc, exe. Atau kb/deskapp/word/q1974.html. cukup dua contoh saja yang ane contohkan, ane kira cukup untuk membuat kalian mengerti, yang mana pada bagian C:\ WINDOWS\system 32\calc dan kb/deskapp/word/q1974 merupakan alamat atau lokasi file berada dan pada bagian html dan exe merupakan nama file atau berkasnya.

Dalam address yang digunakan memanglah ada cara tersendiri untuk menuju alamat web yang akan kita tuju dengan cara yang benar dan tepat sehingga perlu adanya pemahaman mengenai URL website sendiri, karena dalam bab ini suatu materi yang berhubungan dengan UR juga termasuk bagian yang penting untuk diketahui dan dipelajari. Semakin banyak pula wawasan tentang computer, semakin kita tau bagaimana system kerja computer tersebut.

tags: , , , ,

Related For Mengenai Pemahaman Arti dari URL Website