Mengenai Tentang Apasih BIOS itu? Dan Juga Fungsi Yang Ada Pada BIOS

Wednesday, June 21st 2017. | Hardware, Komputer
Sponsored Links

Kali ini saya akan membahas tentang Apasih BIOS itu? Dan juga saya akan menjelaskan fungsi-fungsi yang ada BIOS itu sendiri, kalian pasti sudah pernah mendengar kata BIOS bukan? Bios itu termasuk perangkat yang ada didalam computer, yang mana bios ini memiliki pengertian dan fungsinya sendiri.

Pasti kalian beranggapan kenapa bios harus ada atau terdapat didalam computer? Saya pun juga masih bingung dengan keadaan tersebut, dan setau saya jika bios tidak terdapat dalam computer bisa jadi sebuah computer ini tidak dapat berjalan sebagaimana mestinya, dan juga tidak lah terlalu bagus tanpa adanya bios didalam computer.

Gambar Bios

Gambar Bios

Pengertian tentang BIOS

BIOS kepanjangan dari Basic Input Output System, dan bentuk dari bios sendiri sangatlah lah unik dan juga kecil berbentuk chip yang berada pada sebuah rom, dan jika kita menyalakan sebuah computer pertama kali yang berjalan bukan lah sistem computer tetapi bios lah yang mendahuluinnya, sehingga ketika suatu bios sudah berhenti baru lah sistem operasi computer berjalan, yang mana didalam sistem komputer ini BIOS dapat menuntun pada sebuah perkumpulan yang sering dan juga dapat melakukan hal-hal yaitu :

  • Suatu penyalaan dan juga uji coba kepada perangkat keras
  • Menampung dan juga memberi jalan pada sistem operasi ini
  • Dapat mempelancar menggunakan sistem operasi dan juga aplikasi bios, yang mana semua itu dapat mengatur semuanya
  • Dan juga dapat mengatur konfigurasi pertama didalam computer

Disini BIOS juga akan menyediakan sistem antarmuka yang mana tingkatannya itu menggunakan tingkat rendah, dan BIOS pun juga dapat mengajak semua perangkat keras atau mengendalikan seperti keyboard, dan juga pada umumnya BIOS ini diciptakan dan dipergunakan menggunakan bahasa rakitan.

Komponen yang ada BIOS

BIOS sendiri tentu memiliki komponen dasar yang belum kita ketahui, yaitu :

  • Driver ini berguna untuk perangkat-perangkat keras seperti prosesor, video adapter, dan juga perangkat yang lainnya.
  • Program bootstraper utama yang berguna dapat membantu bios mengerjakan suatu proses booting kesebuah sistem operasi yang sudah disiapkan.
  • Program BIOS setup yang dapat berguna agar suatu BIOS dapat berubah ke konfigurasi computer tersebut.

Fungsi BIOS pada computer adalah dapat membantu sebuah proses inisialisasi, dapat pula melihat beberapa hardware, sebagai tempat pengaturan sebuah proses booting, sebagai media penyimpanan sebuah data, dan juga berguna sebagai pengaturan perangkat computer minsalnya keyboard dan yang lainnya.

tags: , ,

Related For Mengenai Tentang Apasih BIOS itu? Dan Juga Fungsi Yang Ada Pada BIOS