Mengenal BANTALAN SENTUH

Tuesday, March 1st 2016. | Blog
Sponsored Links

Bantalan

Trackpad adalah piranti petunjuk berupa permukaan khusus yang dapat menerjemahkan gerakan dan posisi jari pengguna ke suatu posisi relative pada layar komputer. Piranti ini umum ditemukan pada komputer laptop, PDA, serta beberapa pemutar media portable. Ukuran bantalan sentuh bervariasi, akan tetapi jarang berukuran lebih dari 40 cm.

bantalan sentuh

  • Operasi Dan Fungsi

Bantalan sentuh beroperasi dengan menggunakan satu dari beberapa cara, beberapa diantaranya adalah kapasitif sensor dan konduktansi penginderaan. Teknologi yang paling umumdigunakan pada tahun 2010 menggunakan sebuah tatakan datar yang kapasitif terhadap sentuhan jari, atau kapasitansi antara sensor. Kapasitansi berbasis bantalan sentuh tidak akan berpengaruh dengan ujung pensil atau benda lain yang serupa. Menggunakan sarung tangan juga tidak akan membuat trackpad bekerja.

Jika komputer dinyalakan oleh catu daya eksternal atau Power Supply Unit (PSU), kontruksi rinci PSU akan mempengaruhi efek sentuhan tatakan atau bantalan sentuh itu sendiri, bantalan sentuh dapat bekerja dengan baik dengan sebuah PSU tapi belum tentu bekerja dengna PSU yang lain. Hal ini diketahui menyebabkan masalah pada bantalan sentuh ketika PSU dari bawaan pabrik, yang telah dirancang dengan sedemikian rupa untuk bekerja dengan bantalan sentuh, diganti dengan PSU tipe yang berbeda. Efek ini dapat dirasakan dengan menyentuh bagian logam dari komputer dengan tangan yang lain dan lihat jika operasi kembali normal. Dalam beberapa kasus menyentuh pasokan (terisolasi) daya dengan bebrapa bagian tubuh, atau menggunakan komputer di pangkuan bukan diatas meja, sambil bekerja dapat mengembalikan pengoperasian bantalan sentuh yang benar.

  • Bantalan Sentuh Dalam Perangkat

Bantalan sntuh pertama digunakan pada komputer Apollo, komputer desktop yang dilengkapi dengan bantalan sentuh di sisi kanan keyboard “Apollo-started”. Bantalan sentuh mayoritas digunakan dalam laptop atau komputer portable dan menggunakan sebuah permukaan datar di dekat mesin. Bantalan sentuh ini dekat dengan tombol, dan hanya dengan gerakan jari yang sangat singkat dan sederhana dapat digunakan untuk memindahkan kursor di layar tampilan. Hal ini yang menguntungkan dari bantalan sentuh adalah memungkinkan ibu jari pengguna untuk memindahkan kursor tetikus saat mengetik sekalipun. Fungsi bantalan sentuh tersedia untuk komputer desktop dipapan tombol dengan built- in touchpad yang sudah diproduksi bersamaan.

Bantalan sentuh satu-dimensi control antarmuka meyoritas digunakan untuk navigasi menu pada pemutar music iPod Classic saat ini, dimana mereka disebut sebagai “roda klik” karena mereka hanya bergerak sepanjang satu sumbu yang melilit seperti roda. Aplle PowerBooknseri 500 adalah perangkat laptop pertama yang mengacuatau menyebabkan Apple menggunakan “trackpad”.

  • Bantalan Sentuh Multi-TOUCH

Scrolling Trackpad adalah nama untuk salah satu patent-pending trackpad Apple Inc, digunakan dalam MacBook dan MacBook Pro komputer mereka , sebelumnya digunakan dalam PowerBook dan iBook, sebelum Apple transisi pindah ke prosessor intel. Hal ini memungkinkan pengguna Scrolling dalam arah sembarang dengan menyentuh bantalan dengan dua jari, bukan satu, dan kemudian menggerakkan jari-jari di bantalan ke arah yang dituju.

  • Keseluruhan

Sebuah bantalan sentuh mempunyai fungsi yang banyak dan semakin berkembang dari waktu ke waktu. Semakin berkembangnya teknologi komputer maka teknologi ini semakin meningkat dan semakin banyak fungsi-fungsinya. Misalnya pada dahulu awal bantalan sentuh ditemukan hanya memiliki fungsi sebagai sebuah pengganti tetikus komputer dengan fungsi penempatan kursor. Tapi sekarang fungsinya semakin beragam, misalnya dapat melakukan scrolling dengan empat jari sekaligus, dapat menerjemahkan sidik jari, bahkan dapat digunakan untuk melihat kondisi mood seseorang.

tags: , ,

Related For Mengenal BANTALAN SENTUH