Mengenal Laptop, Notebook, dan Netbook

Friday, October 14th 2016. | Hardware
Sponsored Links

Masih banyak orang keliru menyebutkan dan mengerti tentang laptop, netbook, dan juga notebook. Sebenarnya apa perbedaan dari ketiganya dan fungsinya apakah sama? Dari segi nama saja sudah berbeda, tentunya penciptanya menginginkan spesifikasi yang berbeda sehingga menamainya berbeda pula. Laptop sendiri berasal dari bahasa Inggris yang mana di artikan dalam bahasa Indonesia adalah komputer jinjing. Karena pelafalan yang keliru di Indonesia, maka banyak orang yang  menyebut ketiga nama tersebut dengan sebuah sebutan saja yaitu Laptop. Padahal dari segi ukuran sudah jauh berbeda antara ketiganya. Bisa dilihat bahwa laptop merupakan perangkat yang memiliki ukuran paling besar diantara ketiganya.

Laptop

Laptop

Netbook itu sendiri sebenarnya memiliki ukuran yang paling kecil diantara ketiganya, yaitu berkisar di antara 6 inci hingga 13 inci saja. Untuk ukuran Notebook itu sendiri sebenarnya antara 13.1 inci hingga 18 inci saja. Lalu bagaimana dengan laptop? Untuk laptop sebenarnya memiliki ukuran yang lebih besar lagi yaitu berkisar 18 inci hingga 20 inci. Ini karena laptop memiliki ukuran yang tebal dan besar sejak dari 20 tahun lalu saat awal dibuatnya. Namun ternyata hukum ukuran ini sudah tidak berlaku lagi untuk laptop, karena banyak laptop yang sekarang memiliki ukuran 14 inci, 15 inci, dan sebagainya. Jika hanya melihat dari bentuk fisik terutama ukuran incinya, sepertinya belum adil bila tidak melihat dalamnya atau spesifikasinya. Berikut ini kita juga akan membahas pada bagian komponen serta spesifikasi pada ketiga benda tersebut.

Secara logika netbook yang memiliki ukuran paling kecil, tentunya spesifikasinya tidak bisa terlalu tinggi. Pabrikannya biasanya hanya akan membekali netbook dengan processor dengan kelas menengah hingga kebawah. RAM yang dibekali pada perangkat ini tidak lebih dari 2GB. Notebook itu sendiri sebenarnya adalah perkembangan dari laptop agar orang orang semakin mudah dan praktis dalam membawa komputer jinjing itu sendiri. Perangkat ini memiliki spesifikasi yang sudah cukup memadai bahkan hampir sama dengan laptop. Memiliki HardDisk yang sudah besar serta memiliki processor yang kuat dan terkadang sudah ada DVD Room yang ada dalam perangkat tersebut atau juga di jual terpisah.

Memang saat ini sangat sulit untuk membedakan mana yang laptop dan mana yang Notebook. Ini karena ketipisan laptop sekarang hampir menyaingi, dan sebaliknya ukurannya juga hampir sama besarnya. Komponen di dalamnya juga hampir sama saja namun bagi orang yang paham betul mengenai hal ini akan mengerti perbedaan diantara keduanya. Sebelum membeli komputer jinjing memang sebaiknya anda melihat spesifikasi dan lebih diutamakan untuk pekerjaan seperti apa nantinya. Ini penting untuk menentukan baik yang mana PC tersebut untuk anda beli. Ini juga akan menentukan budget yang harus anda keluarkan ketika akan membelinya.

Sekarang ini banyak pabrikan laptop yang juga berlomba lomba mengeluarkan spesifikasi di bawah yang telah mereka buat untuk menjaring para konsumen yang memiliki kebutuhan di bawah spesifikasi asli laptop. Maka tidak heran para produsen PC sekarang ini mengeluarkan seri Notebook yang memiliki spek hampir mirip dengan laptop namun ada perbedaan yang begitu mencolok diantara keduanya. Jika memang anda hanya ingin memiliki PC yang tidak terlalu dibutuhkan untuk desain atau keperluan dengan spesifikasi tinggi tidak ada salahnya anda memilih mini seri dari laptop tersebut untuk menemani pekerjaan anda sehari hari.

Incoming search terms:

  • mengenal ukuran notebook

tags: , ,

Related For Mengenal Laptop, Notebook, dan Netbook