Mengenal Lebih Dekat dengan Teknologi Mantle AMD

Monday, October 3rd 2016. | Software
Sponsored Links

Di tengah musim hujan yang semakin sering turun ini rasanya tiap keluar rumah dengan motor harus siap sedia dengan mantel atau jas hujan. Begitu pula dengan semakin seringnya para vendor game menciptakan game – game baru, AMD telah siap sedia dengan teknologi terbarunya yakni teknologi mantle.AMD_Mantle_Logo

Memang keduanya terdengar mirip secara suara, namun mantle adalah teknologi yang termutakhir dari AMD yang sengaja dibuat untuk memenuhi hasrat gamers yang ingin mendapatkan pengalaman berbeda saat bermain game.

Mantle ini sebenarnya adalah API (Application Programming Interface) terbaru yang diciptakan oleh AMD. Cara kerja dari mantle ini berbeda dengan API yang lain semisal DirectX. Ketika API yang lain cara kerjanya adalah meningkatkan level abstraksi kode dalam performa, AMD Mantle ini justru malah bekerja sebaliknya. Mantle berusaha menurunkan level abstraksi kode serendah mungkin. Semakin rendah tingkat abstraksi kode ini maka semakin rendah pula kapasitas memori yang digunakan. Karena hanya sedikit kapasitas memori yang digunakan maka akan ada lebih banyak memori bebas yang bisa mendukung kinerja GPU supaya lebih optimal.

Tuntutan untuk kepuasan gaming yang tinggi pada PC merupakan alasan diciptakanya teknologi ini. PC sangat berbeda dengan game konsol. Oleh sebab itu beberapa game akan terlihat berbeda ketika dimainkan di game konsol dan juga dimainkan di PC. Contoh main game di XBOX, PS4dan lain sebagainya akan terlihat berbeda saat dimainkan pada PC khususnya soal grafis yang dihasilkan. Hal ini dikarenakan kode abstraksi PC oleh API sangat tinggi. Berbeda dengan game konsol yang level abstraksinya tidak terlalu tinggi. Perbedaan ini karena pada PC, API harus mengenali lebih banyak hardware pendukung sehingga level abstraksinya menjadi lebih tinggi.

Secara sederhana, Mantle akan mengoptimalkan kinerja GPU saat mengakses dan memproses grafis berkecepatan tinggi secara langsung dengan gap yang lebih pendek. Bahkan teknologi ini mampu memberikan kinerja 9x lebih banyak pada kinerja draw call. Draw call merupakan driver GPU yang bertugas melakukan rendering grafis pada game.mantle

Meskipun Mantle juga merupakan API sama halnya seperti DirectX namun Mantle memiliki kompatibilas dengan API yang lain. Jadi developer juga dapat mengembangkan game yang berbasis DirectX diporting ke teknologi yang berbasis Mantle.

tags: , ,

Related For Mengenal Lebih Dekat dengan Teknologi Mantle AMD